27 Sep 2010

Entrepreneur from young

     I’m is Indonesian, I like reading Al-quran, sport, music, hunting, but I know if I’ll search many money I’must take one profesion, it is entrepreneur. I’ve many motivation why I like entrepreneur profesion, the first is Muhammad saw. he is the best people in the world. I’m is muslim, so I very pround with he. He is a entrepreneur, because in his live full with two word “buy and sell”. The second is my father, his name “Supiran pujo hartono”. He is a sailor, I’m very pround again with he. I’m can study in univercity because his hardwork, usualy my father buy gold sand from kalimantan to sell in surabaya city, it is one of them his commerce. The third is my mother, I’remember “heaven under mother foot”. One motivation must I’remember begin now arrive death.
     If we converse about entrepreneur we must have some or one people to give motivation and spirit to looks like him. The next it is dream, because same success get started from dream. If we make dream must irasional because it is the true dream. Dream is a certain desirability imposible and can’t acceptance mind, of paramount importance must best. After that we must take measure, from small action because “a little gradually get hill”. “consistent” one word must we remember if wont to make the big bussines, I hope many people (from many country, and special to Indonesian) can become the bis entrepreneur from now. Alteration start from now, because now the good time and nothing others. Don’t worry be smile, ^_^

Bisnis maya hasil nyata

     Terimakasih masih setia dengan tyasharyadi.blogspot.com, sebuah blog hasil karya tyas haryadi. Kali ini saya berbagi sedikit tentang bagaimana kita bisa menjadi artis tanpa harus membintangi layar lebar, tidak perlu mendapat kontrak dari iklan besar apalagi membuat lipsing yang di upload ke youtobe. Cukup dengan media sederhana yang sangat mudah penggunaanya, tidak perlu keluar uang sebagai media iklan atau trasportasi, asal daerah anda terjangkau oleh internet. Namanya adalah blog satu kata yang terdiri dari empat huruf, tak seterna kata cinta, juga tak seintelek kata source coude, akan tetapi sudah cukup nyaman ditelinga kita bukan? Yups, blog adalah miniatur website, sangat sederhana, mudah dipelajari, dapat menguntungkan sekali yang terpenting ini merupakan media belajar yang sangat ampuh tentunya. Blog di Indonesia akhir-akhir ini memang sudah sangatlah populer, mengalahkan hosting C-Panel, ataupun domain gratis milik .co.cc, co.nr ataupun .tk. Karena dengan blog kita bisa memiliki hosting dan domain secara bersamaan tanpa harus kuliah di jurusan teknik Informatika atau mengambil SMK TI. 
     Yang terpenting disini adalah semangat kita, kemauan, dan usaha tentunya ditopang dengan kekuatan unlimited “doa kepada Allah swt.” blog yang paling akrab dengan masyarakat indonesia adalah blogger dan wordpress, jika anda sangat berminat didunia tulis menulis atau bisnis berbisnis saya sarankan mencoba dengan blogger, dan jika lebih condong kepada ilmu IT atau oprek-oprek komputerv saya sarankan bermain dengan coding-coding php atau html, bahkan bisa ke jomla. Seperti kehidupan didunia ini, ada siang ada malam, ketika seseorang kurang pandai maka akan diajari oleh yang lebih pandai, yang kaya membantu yang miskin, pemimpin memberi arahan kepada masyarakat ataupun bawahan. Jika kita cinta dunia informatika kita tidak harus pandai programer atau jadi analisis, tetapi jadilah diri kita sendiri, jangan pernah ragu. Karena kita termasuk keseimbangan dunia itu sendiri seperti perkembangan dunia informasi ketika kita bermain dengan bisnis online.
      Saya masih ingat ketika membaca buku yang berjudul “bisnis maya hasil nyata”, subhanallah bikin bulu rambut jadi kriting, otak berputar lebih cepat, yang terpenting adalah jiwa entrepreneur semakin terasah. Dalam buku ini banyak tip-trik untuk bermain logika dan strategi dalam berbisnis online. Satu hal yang terpenting bukan masalah siapa kita, tetapi apa yang dapat kita perbuat, bukan apa yang kita miliki, tapi bagaimana kita memanfaatkan milik kita sekarang. internet sekarang telah menjadi lahan yang sangat menjanjikan bagi banyak orang bukan hanya bagi ahli informatika, bahkan orang yang belum paham tentang paypal sekalipun. Tetapi ketika kita belajar tentang semua hal termasuk dengan bisnis online yang terpenting adalah tindakan dan semangat untuk mendapatkan semua yang kita inginkan. Jangan lupa juga dengan doa, sesuatu yang kekuatannya sungguh luar biasa.
     Sebuah kata untuk anda, selamat mencoba tips dan trik saya ini semoga bermanfaat.

22 Sep 2010

Suara hati untuk ibu

Postingan saya selama ini adalah 100% made in tyas haryadi, dari diri ini sendiri. Tetapi kali ini saya ingin menepati janji saya kepada teman yang ingin mencurahkan isi hatinya, agar malaikat munkar nakir tidak menghukum saya dengan hutang ini, supaya para ibu dan calon ibu juga berbangga dengan anak-anaknya. Dunia ini penuh warna, dengan banyak perspektif, yang dihiasi corak-corak kehidupan dan ketegaran pendirian tiap-tiap orang. Semoga bermanfaat untuk kita semua, bangsa, negara, agama, dan para ibu (termasuk calon ibu juga).
“Bismillahirrahmanirrahim.
Assalamualaikum’

Ibu,...
Aku bingung harus menulis apa. Aku bingung harus memulainya dari mana. Bahkan aku bingung, apa yang harus aku tuliskan di lembaran putih ini tentangmu. yang aku tau, sejak beberapa hari ini hatiku tidak tenang. Hatiku ibu. . .Hati anakmu.
Aku seperti berada di depanmu saat ini .Seperti berada di depan bidadari yang parasnya begitu indah. Yang wajahnya begitu bersih sebersih qalbunya. Yang nafasnya begitu harum seharum tutur katanya. Yang hatinya suci se suci ruh yang baru bersatu dengan raga.
Wahai ibuku yang dengan menyebut namamu saja air mata ini dapat mengalir, yang dengan mengingatmu saja dapat meluluhlantahkan hatiku, yang dengan mengenangmu saja hati ini hangus terbakar api rindu, saat ini aku benar-benar kalut ibu... Entah kalut karena sebab apa.

Air mataku seperti ingin keluar saat ku dapati aku sedang berjalan sendiri di tengah keramaian. Aku seperti kunang-kunang yang kehilangan arah, yang terpisah dengan kawan-kawannya.Yang cahayanya mulai redup ditelan gelap malam. Wahai ibuku... taukah kau betapa saat ini aku sangat merindukanmu? Kadang aq bertanya-tanya, kapan Tuhan akan memanggilku? Mempertemukanku denganmu. Membiarkanku melepas rindu denganmu. Ibu...katakanlah padaku apa sebenarnya arti sebuah rasa rindu. Jelaskan mengapa rindu itu begitu menyiksa? mengapa rindu itu begitu menyakitkan? bukankah rindu itu anugrah Allah yang dapat membuat siapapun yang merasakannya menjadi damai dan tenteram jiwanya? mengapa justru sebaliknya yang aku rasakan? sakit ibu...sungguh sangat sakit. Mungkin karena orang yang menjadi sumber rasa rinduku ini tak lagi berada di dunia yang sama denganku. Sehingga dengan demikian aku menjadi sadar bahwa rindu ini tak akan pernah terobati.bahwa rindu ini hanya akan berakhir menjadi sebuah rindu yang sia-sia.

Dan taukah kau ibu...siapa orang yang telah membuatku rindu seperti ini? Tentu,dia tak lain dan tak bukan adalah dirimu...Ibuku. . .Ibu yang di mataku adalah sungai yang mengalirkan air yang jernih dan suci. Embun pagi yang selalu menyejukkan qalbuku yang dahaga dengan kasih sayang. Cahaya bagi setiap malam yang tercekam gelap tanpa bulan dan bintang.Lebih dari itu,kau adalah pembawa surga illahi. Kau yang mempertaruhkan seluruh hidup dan matimu hanya untuk melahirkanku. Memberikanku kesempatan untuk menghirup udara dunia dengan kasihmu. Kau yang merelakan sisa hidupmu demi membesarkanku. Membentangkan harapan terbesarmu demi melihatku tumbuh menjadi anak yang shalehah di bawah bimbinganmu. Kau yang tak sedikitpun mengharap balasan atas semua pengorbananmu. Karena bahagiaku,akhlaqul karimahku,dan kebersihan qalbuku yang selalu terjaga adalah balasan yg paling kau tunggu. Yang selalu kau selipkan di setiap doa pengharapanmu pada-NYA. Yang selalu kau sertakan dalam
setiap munajatmu pada-NYA. Dan yang tanpa lelah selalu kau kirimkan melalui tasbih-tasbih cintamu ke langit ketujuh.Kepada-NYA...Kepada Allah Swt.

Itulah dirimu di depanku duhai bundaku...
Itulah dirimu di mataku.
Maka benarlah bahwa kau adalah pembawa surga bagiku. Surgaku berada di bawah telapak kakimu. di bawah restumu,di bawah ridhomu, dibawah ampunanmu, di bawah bahagiamu, di bawah kasih dan sayangmu. Membuatmu tersenyum bahagia berarti mendapati kunci surga melalui dunia. Membuatmu kecewa hanya dengan kata ah saja berarti telah memilih hidup selamanya di bawah kobaran api neraka.
Subhanallah...
Seperti itulah dirimu duhai bundaku.
Tingginya kedudukanmu melebihi dewi-dewi dan bidadari. Ketulusan hatimu, ketabahan, dan keikhlasan hati yg kau punya,...allahu akbar..melebihi seluruh kekayaan di jagad raya yang sering kali menyilaukan. Dan taukah kau duhai bundaku,..betapa bahagianya aku menjadi anakmu. Putri yang lahir dari rahim sucimu. Yang terbentuk dari darah dan dagingmu. Dibesarkan oleh kedua tanganmu. Aku rindu padamu ibu...
Rindu...sekali.
Waalaikumsalam”

20 Sep 2010

Khilafaur rasyidhin

     Di dunia ini banyak sekali periode-periode pemimpin besar, mulai dari kerajaan, bangsa, suku, negara, dinasti, sampai ke sektor agama. Siapa yang tak kenal nabi muhammad saw? mulai dari kita umat muslim yang sangat mengagungkan beliau sampai kaum kafir atau agama lain yang sangat mengenal kesabaran, kejujuran, kebijakan, dan sifat-sifat mulia beliau. Dari masa- ke masa, dari zaman berganti zaman, nama beliau tetap harum di agung-agungkan dan seluruh usapan, tindakan beliau menjadi suri tauladan bagi kita semua. Tetapi ketika rasulullah meninggal dunia, para sahabat sangat merasa kehilangan bahkan umar din khatab sampai tidak percaya. Akan tetapi yang jadi permasalahan adalah siapa yang akan menggantikan rasulullah sebagai pemimpin (baik pemimpin pemerintahan dan ibadah), yang akan dijadikan panutan dan tauladan berikutnya. 
     Rasulullah saw. adalah seorang guru, maka yang paling berhak menggantikannya adalah muridnya. Dan muncullah generasi kholifah (pemimpin), mulai dari Abu bakar as-sidiq, Umar bin khatab, Utsman bin afan, dan Ali bin abu thalib. Beliau semuanya adalah sohabat terdekat rasulullah dan juga murid-murid terbaiknya. Abu bakar as-sidiq adalah sahabat pertama rasulullah yang masuk ke islam, beliau sangat arif dan bijaksana. Beliau pula mendapatkan gelar as-sidiq (yang dapat dipercaya), bahkan saking dipercayanya beliau satu-satunya sahabat yang menjadi imam ketika rasulullah saw. masih hidup. Jadi tidak heran ketika secara mufakat para petinggi kaum dan masyarakat membaiat beliau sebagai khalifah pertama sepeninggal rasulullah saw. beliau pulalah yang memunyai gagasan untuk membukukan Al-quran, karena para penghafal Al-quran sudah mulai berguguran dalam beberapa peperangan.
      Selanjutnya adalah khalifah kedua, yaitu Umar bin khatab. Beliau adalah orang yang dahulunya sangat benci kepada rasulullah, beliau sangatlah berani. Itu terbukti ketika semua orang muslim belum berani menyatakan keislamannya dan melakukan shalat di sekitar ka’bah, beliau dengan gagah berani menyatakan keislamannya didepan semua orang kafir yang berada di sekitar ka’bah dan melaksanakan shalat disana. Beliau di beri gelar al-farug (singa), bahkan dalam suatu hadis rasulullah pernah bersabda “setan lari ketika melihat umar”. Salah satu kebiasaan beliau adalah membaca Al-quran secara keras, walaupun kadang diperingatkan oleh Rasulullah untuk menguranginya. Beliau pula yang meluaskan daerah islam sampai turki, mesir, dan bergerak ke sebagian eropa. Yang paling berkenan adalah beliaulah yang berhasil membukukan Al-quran yang merupakan ide dari khalifah Abu bakar.
      Khalifah ketiga adalah Utsman bin afan, beliau adalah sahabat yang sangat dermawan, beliau adalah seorang pedagang tak berbeda jauh dengan Rasulullah, Abu bakar, dan Umar. Tetapi bedanya beliau adalah pedagang yang sukses dan mempunya kekayaan yang luar biasa, bahkan pada perang uhud khalifas Utsman menyumbangkan 1000 unta, beberapa kuda dan baju besi. Sikap rendah hati beliau juga sangat dikagumi oleh rasulullah, itu dapat kita simpulakan dari sabdanya “malaikat malu dengan Utsman”, beliau pulalah satu-satunya sahabat yang mempunyai kesempatan untuk menikah denga dua orang putri Rasulullah. Beliau sangat ahli dalam hal dagang dan juga perekonomian, tidak heran ketika beliau menjadi khalifah perekonomian kota mekah, madinah dan kota-kota lain berada di zona nyaman.
      Khalifah terakhir adalah Ali bin abu thalib, beliau adalah putra dari abu thalib (paman Rasulullah). Ketika kecil beliau diasuh dan di didik oleh rasulullah, dan begitu pula seperti Rasulullah yang waktu kecilnya diasuh oleh abu thalib (ayang khalifah Ali). Beliau adalah khalifah yang memiliki ilmu yang luar biasa, karena nabi pernah bersadba “aku adalah gudang ilmu, sementara ali adalah pintunya. Maka tidak beran jika dalam masa pemerintahan beliau banyak muncul ahli-ahli ilmu di dunia islam, walaupun pada masa beliau juga wilayah islam mulai berkurang dan terjadi pemberontakan. Beliau pula yang menikahi putri kesayangan rasulullah saw. Fatimah az-zahra, dan bapak dari hasan dan husain. Begitulah kisah dan profil singkat tentang khilafaur rasyidin, untuk lebih jelasnya tunggu postinagan berikutnya tentang kisah para khalifah. Terimakasih, ^_^

3 Sep 2010

Malam seribu bulan

     Betapa sedih hati ini, sedih bukan karena hutang, piutang, apalagi ditinggal sang kekasih. Bulan suci, bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan sebentar lagi akan meninggalkan kita. 70 kali lipat pahala ketika melakukan ibadah wajib tidak ada lagi, pahala ibadah sunah seperti ibadah wajib tak menyapa kita kembali. Ya Allah berilah kesempatan untuk memaksimalkan hari-hari terakhir di bulan yang engkau anugrahkan rahmat, ampuanan, dan dijauhan dari siksa neraka untuk kami ini. Nabi muhammad saw. sangat menganjurkan kita untuk memperbanyak amalan ketika masuk bulan suci ini, dan mengkhususkan diri untuk iktikaf di masjid untuk mencari malam qodar atau malam yang sama dengan seribu bulan. Malam yang dapat kita manfaatkan untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta dan juga agar tidak menyia-nyiakan waktu yang 1000 bulan ini.
     Akankah malam itu kita habiskan dengan tidur, atau menonton televisi, berarti selama 1000 bulan kita habiskan dengan hal-hal yang sia-sia. Rasulullah pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan akan menghabiskannya dengan berdiam diri di masjid dan melakukan ibadah-ibadah, bahkan untuk sekedar keluarpun beliau tidak, kecuali untuk berwudhu atau buang air. Betapa indah malam 1000bulan ini jika kita habiskan untuk ibadah dan mendekatkan diri kepada allah. Rasulullah bahkan hanya sesekali memasukkan kepalanya ke rumah beliau, (rumah rasulullah di madinah berada disamping masjid tepat dan hanRasulullah bahkan hanya sesekali memasukkan kepalanya ke rumah beliau, (rumah rasulullah di madinah berada disamping masjid tepat dan hanya terpisah dengan tirai) sehingga aisyah dapat menyisirkan rambut beliau.
      Seorang rasul yang sudah pasti mendapatkan surga allah masih sedemikian seriusnya untuk melakukan ibadah dan meminta ampunan, apalagi kita manusia biasa yang masih banyak khilaf dan salah. Siapa saja yang berhak mendapatkan malam qodar ini? Kitakah orangnya? Allahu a’lam. Mari kita bersama-sama mencari malam lailatul qodar ini, semoga allah memberi hidayah dan petunjuknya kepada kita semua. Bukan karena sesuatu hal kita melakukan ibadah di 10 malam terakhir ini kecuali ridho allah swt. amin,,,,,,,,

komunikasi data dan jaringan komputer

     Jika anda belajar komputer tentu anda akan berhubungan dengan yang namanya komunikasi data dan juga jaringan (networking). Ketika beberapa komputer mempunyai sebuah jaringan, maka itu akan berguna untuk membantu proses komunikasi data. Dibawah ini ada beberapa keuntungan dari jaringan itu sendiri, yaitu:
- transaksi dapat dilakukan di tempat yang berbeda dengan tempat pengolahan data.
- resource sharing (penggunaan sumber daya bersama), dapat mengoptimalkan. penggunaan sumberdaya. Hampir seluruh sumberdaya dapat digunakan bersama, mulai dari prosesor, memori, storage, dan peripheral (printer, CD ROM Drive, dll).
- memungkinkan pengendalian terpusat atas berbagai sumberdaya yang tersebar.
- memungkinkan kolaborasi antarpengguna, melalui e-mail, newsgroup, dsb.
- memungkinkan backup atau replikasi untuk antisipasi kerusakan.

      Selain beberapa keuntungan dari jaringan komputer juga akan ada yang namanya klasifikasi jaringan komputer, berdasarkan luas areanya diklasifikasikan menjadi:
1. LAN atau Local Area Network, mencakup satu tempat tertentu (lab, ruang kantor, kampus, lokasi pabrik, dsb. Komputer dari 2 sd 500).
2. MAN atau Metropolitan Area Network, mencakup luas satu kota.
3. WAN atau Wide Area Network, mencakup seluruh antar propinsi bahkan bisa mencakup antar negara.

      Kemudian adapula pembagian berdasarkan ropoogi jaringan, Terdapat beberapa macam topologi jaringan, dengan keunggulan dan kelemahan masing-masing, sebagai berikut
1. Bus. Seluruh komputer berkomunikasi melalui satu jalur yang sama, yang dipergunakan bergantian.
- Keunggulan : paling murah dan mudah diimplementasikan
- Kelemahan : performansi paling rendah, karena pada setiap saat bus hanya dapat melayani satu transmisi. Semakin banyak komputer yang terhubung ke jaringan, akan semakin berat beban bus sehingga performansi semakin menurun. Keamanan juga paling rendah.
2. Ring. Terdapat jalur berupa cincin yang terhubung, dengan arah rotasi transmisi tertentu.
- Keunggulan : performansi dan keamanan lebih baik.
- Kelemahan : lebih mahal .
3. Star. Terdapat satu komputer atau hub yang berfungsi sebagai sentral, seluruh komputer dalam jaringan terhubung langsung ke sentral tersebut.
- Keunggulan : mudah diimplementasikan.
- Kelemahan : performansi hanya sedikit lebih baik dari Bus.
4. Meshed. Setiap komputer terhubung langsung satu sama lain.
- Keunggulan : performansi dan keamanan paling baik.
- Kelemahan : sangat mahal, jalur yang harus disediakan bertambah secara eksponensial oleh penambahan komputer.
5. Berbagai kombinasi berbagai topologi di atas .

Beberapa hal yang masuk dalam tranmisi data ada beberapa macam:
A. Kabel (wired), jenis-jenisnya :
a. Kabel pilin, terdapat dua macam yaitu UTP (unshielded twisted pair) dan STP (shielded twisted pair).
b. Koaksial. Contoh : kabel TV
c. Serat optik, memiliki kapasitas paling besar
B. Nirkabel (wireless), bisa dengan
a. Radio
b. Microwave. Contoh : WaveLAN
c. Infra Merah
Demikian bloging kali ini tentang komunikaso data dan jaringan komputer, semoga bermanfaat dan terimakasih. ^_^
sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com