28 Apr 2010

Cara Mudah Bikin Web

     Anda ingin punya web, atau hanya sekedar blog? Lalu apa tujuan anda membuat blog? Untuk mendapatkan penghasilan, agar bisa merilis untuk membuat buku, atau menjadi salah satu web paling sering dilihat. Apapun mimpinya yang penting anda ingin buat web kan, bukan buat surat kabar apalagi film aksi. Pertama-tama kita harus mengerti dulu apa itu website, alat pemberi berita untuk semua golongan dan pembantu dalam bisnis ataupun kehidupan sehari-hari. Dalam perkembangannya website mulai digunakan untuk kepentingan organisasi, mengiklankan produk atau jasa dan lain-lain. Mencari uang dari dunia maya ini munjadi sangat populer akhir-akhir ini.
      Innama a’malu binniat, semua pekerjaan itu tergantung niatnya. Begitu pula dengan membuat web ini, kita harus tahu niat kita membuat website.
• Website apa yang ingin kita buat? (misal sebagai tempat iklan, update berita, atau browsing dan chating)
• Impian apa yang kita inginkan kepada website ini? (misal untuk membeli ferari enzo, dapat menbuat komunitas terbesar, atau menyebar ilmu untuk orang lain, bisa disebut dakwah)
• Langkah-langkah apa yang harus kita tempuh untuk merealisasikannya? (yaitu dengan mengenal dan belajar membuat website,baru setelah itu berpikir untuk mengembangkan dan memajukannya.)
Setelah niat kita terbentuk dengan baik maka kita akan masuk kepada langkah-langkah yang akan kita lakukan. Yang pertama kita harus mengenal komponen penting dalam kita membuat website. Banyak penulis artikel didunia maya menjelaskan apa-apa saja yang mestinya kita lakukan untuk membuat web, salah satunya adalah material-material yang harus kita pahami atau kuasai. Itu ada 3 hal, yaitu:

1.Domain
2.Hosting
3.Editing website (baik templatenya atau codingnya)

      Gratis, itulah yang rata-rata diinginkan para pengguna web pada perintisan karirnya di dunia maya, begitu pula saya dulu. Baik domain ataupun hosting ada yang tidak bayar, tapi banyak yang comersil. Jika kita pengusaha atau punya instansi besar dan punya modal lumayan tentu saya sarankan untuk mengambil yang berbayar. Tapi kita punya semangat besar dan niat bulat tetapi agak terbentur biaya maka lebih baik menggunakan yang free. Setelah anda menentukan memilih yang bebas biaya atau dengan yang berbayar, mari kita mengenal material-materialnya.

      Domain, jika kita memperkenal diri apa pertama yang kita ucapkan? “nama saya adalah….” Tentunya kan? Begitu pula dengan website, domain adalah nama website kita, yang diawali dengan www (world wide web). Tujuan utamanya adalah untuk mempermudah menemukan dan mengidentifikasi web kita, dan kadang disebut dengan URL. Anda bisa mengunakan domain tools untuk memberikan bantuan kepada anda dalam membuat domain. Disini ada 2 alamat yang bisa anda masuki untuk membuat domain, yaitu http://www.domainhostingmurah.net dan http://domaintools.com . Selain itu www.co.cc dan juga www.tk , akan tetapi tidak semuanya gratis. Anda harus menggunakan nama yang komersiil agar anda mendapatkan domain gratis, sebagai contoh adalah www.liaan.co.cc atau www.warook.co.cc asal nama domain yang anda ajukan memenuhi syarat dan belum ada yang menggunakan pasti diterima.

Beberapa tips dalam membuat Domain:
1.Pilihlah nama yang simpel dan mudah diingat.
2.Sesuaikan nama domain dengan isi web anda jangan sampai terjadi miss title.
3.Jangan terlalu panjang dalam membuat domain, jika tidak bisa dikurangi maka gunakan kata yang familiar agar tidak terjadi salah ketik ataupun tulis.
4.Gunakan penghubung _ jika diperlukan.
5.Ikutilah intruksi dari penunjuk pembuat domain jika anda kurang paham.

      Hosting, adalah tempat anda meletakan data-data web anda pada sebuah server yang terhubung dengan internet. Agar website anda bisa tampil maka anda harus punya hosting sebagai penyimpan data anda di internet. Biasanya anda harus membeli untuk hosting itu sendiri, tapi anda bisa menggunakan blog sebagai hosting, baik blogger ataupun wordpress. Anda tinggal mengaktifasikan domain anda dan hosting anda, anda masuk lagi ke alamat pembuat domain lalu masukkan alamat hosting anda (misal di blogger ataupun wordpress). setelah itu koneksikan antara domain dan hosting anda. Setelah itu silakan anda edit web anda baik dari tampilan atau coding, untuk mempermudah saya sarankan menggunakan blog dulu. Jika anda ingin mengedit langsung saja masuk ke alamat pusat blog anda.
      Disini saya merekomendasikan anda untuk menggunakan blogger atau wordpress, karena mudah juga gampang diingat agar kita bisa belajar dengan mudah. Adapula kelebihan dan kekurangan dari kedua alamat blog tersebut sebagai berikut: Blogger, anda bisa menggunakan blog ini tanpa batasan jumlah data. Selain itu anda yang berniat mendapatkan penghasilan tentu akan dipermudah, karena disini akan ada penyediaan untuk penayangan iklan. Tetapi anda harus siap jika suatu saat dikeluarkan dari keanggotaan tanpa konfirmasi, dan anda tidak dapat protes. Di blogger juga tidak ada kolom komentar dibawah teks, sehingga kita harus membuat coding tersendiri.
      Selanjutnya adalah wordpress, disini kita juga bisa menggunakan sebagai tempat penyimpan data web anda dengan kapasitas besar. Tapi disini anda tidak dapat mengambil keuntungan dengan menggunakan periklanan, karena tidak diizinkan oleh situs. Tetapi kelebihannya dipastikan jadi pengguna selamanya, disebabkan tidak ada pemutusan keanggotaan secara sepihak dan tanpa konfirmasi. Selain itu anda akan mendapatkan kolom komentar tanpa harus membuat codingnya. Itulah sebagian kelebihan dan kekurangan dua blog ini, semoga bisa jadi pertimbangan sebelum memilih. Atau anda ingin menggunakan keduanya? Alamaasiktum, (terserah anda),,,,,,

      Editing website, bisa dibilang ini adalah langkah finishing agar web anda bisa ditampilkan dan dinikmati oleh orang banyak. Jika anda benar-benar akan membuat web, bukan menggunakan hosting dari blogger, maka anda harus mempelajari bahasa pemrogaraman web. Biasanya para pendesain web menggunakan HTML, akan tetapi anda bisa menggunakan java, mySQL dan lain sebagainya. Akan tetapi jika anda pemula saya sarankan untuk menggunakan HTML, bukunya sudah banyak yang terbit (membahas pembuat website dengan HTML). Kalau anda terfokus pada penulisan atau tidak terlalu terobsesi dengan pemrogaraman web, saya sarankan anda menggunakan hosting blog yang akan memudahkan anda dalam melakukan editing di web anda. Kalau di blog anda tetap menggunakan coding tapi tak serumit di hosting web, karena sudah disediakan tambahan laman, pembuatan link, catatan, dan tampilan profil. Bahkan anda akan mudah membuat atau menampilkan iklan (tentunya yang disetujui), jadi semoga anda dapat belajar dengan saya di web ini. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba............. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com