23 Apr 2011

Hacker dan Hicking.

       Sering kita mendengan kata Hacker dan Hacking, terlebih bagi para pecinta Informatika. Dan jika ditanya tentang apa itu Hacker dan Hacking, tentu tak semudah kita memberi garis besar atau paradigma yang terbentuk di masyarakat luas, karena sudah bergeser dari makna sebenarnya. Hacker adalah orang yang menekuni, menganalisa, memodifikasi, membuat, sampai mengeksploitasi system yang ada di hardware, software, administration, admin, dan lain sebagainya. Sementara Hacking adalah proses Hack itu sendiri, karena makna kata menurut bahasa Inggris tentang akhiran “er” dan “ing”, yang memiliki arti subjek untuk “er” dan proses untuk “ing”.
        Dalam dunia Hacker juga dikenal Attacker atau cracker, jika hacker mengotak-atik atau menjelajahi computer untuk memahami kerja system. Sementara attacker memiliki tujuan khusus dalam mengotak-atik atau menjelajahi isi computer dalam pemanfaatan system. Selain ada istilah lain di dunia penjelajahan system computer, Hacker dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, sebagai berikut :
 
1. White Hat Hacker.
        Inilah golongan yang menggunakan hacking sebagai sesuatu yang sangat bermanfaat, yang ikut mengembangan hacker berkembang keseluruh dunia. Golongan ini pula yang mendorong terjadinya revolusi dalam dunia computer dan teknologi informasi. Merekalah para inspirator pengembang dunia Informasi, sebagian tokohnya adalah:
a. Tim Berners-Lee : Sang penemu Web.
b. Linus Torvalds : Pemikir Linux.
c. Richard Stallman :Penggagas GNU.
Dan masih banyak nama-nama besar lain yang belum tertulis bisa jadi anda selanjutnya. 

2. Grey Hat Hacker.
        Ini golongan hacker yang memiliki tujuan tertentu dalam menggunakan ilmu atau informasi yang didapatkan untuk kepentingan perusahaan, vendor, ataupun kepentingan pemerintah. Tetapi kebanyakan digunakan untuk mendapatkan imbalan dan memberikan informasi yang dibutuhkan mereka yg member imbalan. Untuk tokoh-tokohnya belum dapat saya beri contoh, tapi dalam kepolisian dan perusahaan besar tentu memiliki jasa seperti ini.
 
3. Black Hat Hacker.
        Ini adalah golongan yang tidak mengindahkan etika profesi seorang hacker, kebanyakan mereka melakukan pencarian informasi, pembobolan,digunakan untuk hal yang sesuai dengan keinginan mereka (pribadi maupun individu). Kebanyakan mereka menggunakan kemampuannya untuk merusak system dan memanfaatkan sesuai kemauan mereka. Para tokohnya:
a. Kevin Mitnick : America’s Most Wanted Hacker.
b. Robert Tappan Morris : pembuat Worm (worm virus) pertama di dunia.
c. Vladimir Levin : Pembobol Citibank Agustus 2004.
d. Joe Engresia : Phreaker buta yang melegenda.
e. Adrian Lamo : Pembobol Yahoo, Microsoft, Excite@Home, WorldCom, New York Times.
Dan masih banyak lagi para hacker lain yang belum tersebut namanya.
        Dunia hacker kebanyakan diisi oleh para remaja, maupun usia labil yang menunjukan keinginan tahu para pemuda akan informasi dan dunia teknologi sangatlah tinggi. Akan tetapi hal itu berbanding lurus dengan kenakalan mereka akan penggunaan informasi itu tersendiri. Jadi kedepan, semoga bangsa ini memiliki pemuda yang gila akan teknologi serta informasi, tetapi juga cinta kreatifitasan yang tidak melampaui norma-norma serta etika penggunaan kemampuan itu sendiri. Semoga bermanfaat dan mari belajar hacking yang menyenangkan dan menguntungkan. ^_^

2 comments:

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com