.

7 Jan 2011

Algoritma dan Flowchart

Standard
       Algoritma adalah sebuah pembahasan yang sedikit membuat kita (anak yang cinta pemrograman atau IT) menggelitik ilmu wawasan kita. Algoritma bisa dikatakan menjadi inti dari ilmu komputer yaitu urutan-urutan dari intruksi atau langkah-langkah untuk menyelesaikan suatu masalah. Dalam hal ini algoritma adalah blueprint dari program dan disusun sebelum program dibuat. Adapun dalam algoritma juga membutuhkan tiga kriteria yaitu : adanya input dan output, efektivitas dan efisien, terstruktur. Dalam algoritma cara penyelesaian urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis. Urutan logis berarti urutan langkah-langkah harus benar, dan langkah-langkah itu sendiri juga harus benar. Tetapi kebenaran untuk orang lain akan berbeda dengan orang lain, dan itulah yang akan menjadi pembeda dari algoritma masing-masing orang.

       Dalam hal ini saya melogikakan algoritma seperti resep makanan, dimana setiap orang yang akan memiliki cara sendiri dalam mengalgoritmakan seseorang. Dalam membuat sesuatu menjadi wajar dari tahapan-tahapan sebuah proses untuk memudahkan memahaminya. . Dalam pembelajarannya kita dapat analogikan dengan hal-hal yang sederhana terlebih dahulu, misalnya mengirim pesan singkat (SMS). Tentu kita akan memikirkan kita mau mengirim apa, kepada siapa, kapan, dengan kata-kata apa, dengan pengiriman apa, dan mengecek sudah terkirim atau belum sampai proses menunggu balasan. Inilah salah satu contoh algoritma sederhana yang dapt kita pahami dan praktikan dalam kegiatan sederhana akan tetapi penuh makna.
        Selain algoritma adapula flowchart yang sangat dibutuhkan untuk mengaplikasika algoritma yang sudah di buat. Flowchart merupakan gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses beserta instruksinya. Gambaran ini dinyatakan dengan symbol. Dengan demikian setiap symbol menggambarkan proses tertentu. Sedangkan antara proses digambarkan dengan garis penghubung.
 
Dua macam flowchart yang menggambarkan proses dengan komputer, yaitu:
 
      A. System flowchart
Bagan yang memperlihatkan urutan prosedur dan proses dari beberapa file dalam media tertentu.
System flowchart menggambarkan :
1. Hubungan antar suatu file dengan file lainnya
2. Media yang dipakai untuk setiap file
      
     B. Program flowchart
Bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan proses dalam suatu program.
FLOWCHART (Diagram Alur)
Langkah awal pembuatan program
Urutan proses di program menjadi lebih jelas

      Demikian kawan postingan kali ini semoga bermanfaat untuk kita semua, ilmu memang sangat indah untuk digali terus tanpa henti. Tapi indahnya ilmu harus diimbangi dengan membagikan ilmu itu juga. ^_^

0 comments:

Poskan Komentar