17 Sep 2016

Semarak FesTIK 2016 Jogja, CAN DO RI (Kenduri)

Suasana pembukaan acara FesTIK 2016 

Assalamu’alaykum wr wb, selamat membaca semuanya, kali ini aku pengen cerita sedikit (banyak) tentang sebuah acara yang seru (banget). Apa itu acaranya? Yuk, aku ulas sedikit-sedikit ya (lama-lama jadi bukit), bismillah. Acaranya adalah “Festival TIK 2016” di Jogjakarta, pasti sebagian orang yang belum tahu bertanya-tanya, apa itu Festifal TIK? Festifal TIK (kedepan pake FesTIK saja ya) adalah sebuah acara, yang pada intinya bisa anda baca di website ini ~> http://festival-tik.web.id/ hehehe.

Acara ini adalah kegiatan tahunan dari Relawan TIKIndonesia, digunakan sebagai ajang upgrade ilmu, silaturohim, kongkow, evaluasi dan musyawarah nasional (munas) RTIK se Indonesia. Lah, masih ada yang belum tahu apa itu RTIK Indonesia? Monggo (silakan dalam Bhs Indonesia), lihat di web nya ~> http://relawan-tik.or.id

Acara FesTIK sudah dilaksanakan sejak tahun 2012, selalu ada setiap tahunnya, sampai sekarang. FesTIK 2016 kali ini bertema“TIK SEBAGAI PILAR PEMBANGUNAN DAN PERADABAN NUSANTARA”.  Sementara nama acaranya adalah CAN DO RI, Apa Yang Dapat Kau Lakukan untuk RI. “BERSAMA MEMBANGUN MASYARAKAT INFORMASI INDONESIA”. Acara ini diadakan pada tanggal 16-17 September, bertempat di Grhatama Pustaka Jogjakarta. Mau tahu seperti apa Grhatama Pustaka Jogjakarta? Sudah, browsing saja, mau artikel, foto, atau videonya, sudah ada semua kok, hehe. Tempatnya nyaman dah, jauh dari kebisingan kendaraan, yang terpenting (bagi kaum muda), banyak spot yang cocok untuk foto (baik selfie, grufie, dkk).

Salah satu tempat keren untuk foto di FesTIK 2016
Trus ada apa saja sih di FesTIK 2016? Ada aku gaes, hehe... Kenalin dulu, aku adalah Tyas Haryadi, Relawan TIK Kab. Magetan (bukan Magelang ya, BUKAAAAN) Prov. Jawa Timur. Tampang pas-pas an (pas banget gantengnya ckckckc), orangnya manis, baik hati, jujur bertanggung jawab dan dapat dipercaya, garansi seumur hidup, ah bahas apa aku ini, hehehe.

Mari kembali ke topik, keseruan dalam acara ini dapat dilihat dari beberapa elemen (sok nulis serius, hehe). Pertama adalah peserta, bagaimana nggak seru, pesertanya itu adalah RTIK pusat, provinsi, dan kota/kabupaten seluruh Indonesia raya. Dari Sabang sampai Meraoke, Miangas sampai pulau Rote, semua hadir di sini (minimal perwakilan lah, ada juga yang diwakilin salam). Belum lagi banyak Kadin atau yang mewakili, baik dari kabupaten maupun provinsi.

Kedua, pemateri, ada siapa saja, wow, banyak sekali pembacah, ada bapak Presiden Republik Indonesia (diwakili foto, kata-kata dan program-programnya), ada menteri Kominfo (diwakili), ada Gubernur DIY (diwakili wagub), Bupati atau Walikota berprestasi dalam bidang TIK dan banyak lagi, lengkapnya ada di sini ~> http://festival-tik.web.id/kegiatan/pembicara-narasumber/.

Ketiga adalah materi, masyaAllah, materi begitu banyak, bervariasi. Bagaimana tidak, ada 5 ruangan, semua ada materi yang berbeda-beda dengan isi yang luar biasa, kadang saya sendiri bingung mau pilih yang mana, BAGUS-BAGUS SEMUAAA. Sehari ada 3-4 materi di setiap ruangan, wow bukan? MasyaAllah banget.

Keempat adalah Fasilitas, fasilitas apa saja yang di dapatkan pada acara FesTIK 2016 ini? Banyak sekali, dari kami para relawan, dapat akomodasi dari bandara, stasiun, dll. Para rewalan TIK juga dapat penginapan, komplit makannya, gratis camilannya, kopinya, tehnya, kalau yang nge-rokok juga sering dapet gratisan rokok atau korek. Belum lagi hadiah hiburan, kenang-kenangan, bahkan hadiah bukan hiburan (seperti sekarang ini nih, lomba blog, jangan bilang siapa-siapa ya ;) ). Fasilitas musik, panggung hiburan, tempat selfie atau berfoto ria, internet, tempat ibadah, toilet, parkir, AC, apa lagi ya? Buanyak pokoknya.

Kelima, adalah plus-plus, plus silaturohim dengan para relawan, dinas, pihak sponsor, dan masih banyak yang lain. Plus ilmu secara tersurat maupun tersirat, bisa jadi dari pemateri, dari lingkungan, situasi, peserta lain, bahkan alam. Plus wisata, baik wisata mata, wisata pikiran, wisata mental, wisata musik, pokoknya wisata jasmani dan rohani lah. Plus nambah relasi, teman, bahkan saudara, mungkin ada juga yang nambah anggota keluarga (bakal calon suami/istri untuk yang jomblo, atau calon menantu). Plus jumlah foto dan video bertambah banyak, akun medsos aktif terus, terus-terusan aktif, hehe

Plusnya masih banyak sekali yang lain, tapi segitu saja dulu lah, ceritanya. Plus doa yah, biar acara macam seperti ini makin banyak, makin berkualitas, makin meriah, makin seru. Semoga acara TIK yang lain, di negeri ini lancar dan berkah, aamiin. Kalian semua dapat salam keseruan FesTIK 2016 Jogja, sekian, dari aku, orang paling ganteng sedunia (kata istriku), wassalamu’alaykum ^_^

31 Aug 2016

Pergerakan menuju kota IT dari kaki gunung Lawu, inovasi daerah dalam bidang TIK di kabupaten Magetan, “Mulai dari Nol YA!”


Pergerakan menuju kota IT dari kaki gunung Lawu, inovasi daerah dalam bidang TIK di kabupaten Magetan, “Mulai dari Nol YA!”
Membelajari TIK ke semua elemen, para RTIK membeli panduan.

Magetan, adalah sebuah kabupaten yang berada di kaki gunung Lawu, tepatnya di provinsi Jawa Timur, dan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Pertama kali ketika beberapa orang mendengar nama kabupaten satu ini, mereka selalu ingat dengan satu tempat wisata, Sarangan. Sebuah telaga yang sangat terkenal dan identik dengan kabupaten Magetan, walaupun sebenarnya masih banyak sekali wisata yang terdapat di kabupaten ini, misal AIR TERJUN TIRTOSARI, AIR TERJUN PUNDAK KIWO, KEBUNSTROWBERRY, PENDAKIAN GUNUNG LAWU, KERAJINAN KULIT, DLL.
Akan tetapi sampai sekarang ini, gaung kabupaten ini masih kalah jauh dibandingkan beberapa kabupaten atau kota lain, khususnya dalam mempromosikan potensi wisatanya. Sebut saja Gunung Kidul yang sudah mulai menggaung beberapa tahun terakhir, lalu ada dari Jawa Timur sendiri, yaitu kabupaten Banyuwangi, Jember, bahkan sampai Pacitan. Dari situlah, sekelompok orang yang suka berkecimpung dalam dunia Informasi Teknologi (IT) membuat Relawan Teknologi Informasi & Komputer (RTIK) Magetan, disupport oleh Dishubkominfo Kab. Magetan.
Pelatihan website desa di desa Selorejo, Kawedanan, Magetan

Berbagai ide, gerakan dan gebrakan terus dikerjakan oleh RTIK Magetan dengan ditopang oleh berbagai komunitas juga support berbagai pihak, utamanya kebijakan dari Dishubkominfo Kab. Magetan. Lalu apa saja yang telah dilakukan oleh RTIK Magetan dan Dishubkominfo Kab. Magetan untuk inovasidaerah dalam bidang IT di kabupaten tersebut?

1.       Pelatihan website untuk semua desa di Kabupaten Magetan, semua desa dikabupaten Magetan sudah punya website masing-masing. Pengelola website tersebut adalah perangkat desa dan karang taruna, lalu didukung kebijakan pengembangan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) sebagai pengelola tetap berdasarkan SK Kepala Desa.
2.       Pendampingan pelatihan website desa dan pelatihan IT dalam berbagai hal kepada pihak desa, karena kemampuan IT perangkat desa memang sangat kurang. Pada faktanya, begitu banyak yang antusias dengan kegiatan ini, dalam hal pembangunan sumber daya manusia (SDM), bukan hanya melulu pembangunan fisik.
3.       Pelaksanaan sosialiasi Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (INCAKAP) kepada para pelajar di Kabupaten Magetan, diberbagai tingkat.
4.       Pelatihan website dan e-commers kepada para pelaku UKM di kabupaten Magetan, dengan memberikan website gratis, komplit hosting. Semua mendapat pendampingan secara online oleh RTIK Magetan.
5.       Pendampingan untuk program-program pemerintahan, utamanya yang berhubungan dengan TIK oleh RTIK Magetan. Sehingga dapat memberikan efek domino terhadap pengembangan TIK di Kabupaten Magetan. Pemerintah dapat tenaga profesional murah dengan adanya RTIK Magetan, teman-teman RTIK dapat pemasukan tambahan dan turut langsung berkontribusi untuk kabupaten tercinta, memberikan efek fastabikul khoiron (berlomba-lomba dalam kebaikan) bagi komunitas lain di Magetan, juga dinas lain di Magetan.
6.       Sertifikasi anggota RTIK Magetan, sesuai dengan keahlian masing-masing, sehingga menjadi tolak ukur, bahwa RTIK Magetan adalah orang-orang profesional.
7.       Silaturohim berkala, dengan komunitas lain, pihak lain, dinas lain, BUMN atau BUMD, dan masih banyak lagi. Mengingat sebuah kata mutiara dari Nabi Muhammad Saw; “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi”. [Muttafaqun ‘alaihi].
8.       Dukungan dalam bentuk simbiosis mutualisme kepada beberapa perusahaan, usaha, atau pribadi, yang saling bersinergi dengan RTIK Magetan. Sebut saja, beberapa investor yang sedang fokus mengembangkan wisata Kab. Magetan, Sebuah perusahaan yang bergerak sebagai konsultan TIK, dan perusahaan media massa.
9.       Masih banyak yang lain, misal seperti doa-doa kami, misal promosi kami melalui berbagai artikel seperti kali ini, misal senyum-senyum kami diberbagai acara, dan masih banyak lagi.
Magetan sekarang bukanlah kabupaten yang unggul dalam hal TIK, akan tetapi, percayalah, magetan tengah bergerak, dan lihatlah bagaimana pergerakan kami akan memberikan sebuah efek kejut. 

KABAR BAIK, Magetan jadi percontohan Kominfo Provinsi Jawa Timur untuk program website desa, karena sudah lebih dari 80 desa memiliki website desa aktif. Sebenarnya terpikir untuk dimasukkan rekor MURI, sebagai kabupaten pertama yang semua desanya punya website, tetapi belum dapat restu dari bapak-bapak dinas, diminta untuk aktif semua.
Foto bersama, launching website desa & pengukuhan, mei 2016.

INOVASI DAERAH sekarang ini saling berlomba, pun kami di Magetan juga ikut berlomba, mungkin masih sangat jauh dengan Bandung (misal), Jakarta Selatan (misal), Surabaya atau bahkan Malang sekalipun. Tapi ingat, ini Magetan bung! Tidak ada perguruan tinggi, atau bahkan pendidikan setara D1 dalam bidang TIK, ini bukan kota besar yang bisa menganggarkan dana besar untuk perkembangan TIK, karena sadar seberapa pentingnya TIK. Sedikit pergerakan dari kami, kami pastikan akan menjadi sebuah spiral yang akan membesar dan terus membesar, bersama mengajak berbagai pihak pula, untuk Magetan, Jawa Timur, bangsa ini, negeri ini, UNTUK INDONESIA.

Masih banyak hal yang belum tersampaikan dalam artikel ini, siapa saya yang bisa menyampaikan semua informasi, saya hanya manusia yang penuh salah, khilaf dan lupa. Kurang lebihnya mohon maaf, kesempurnaan hanya milik Tuhan semata, Allah azzawajalla, dari saya, Tyas Haryadi, sekretaris RTIK Kab. Magetan. 

<em>Artikel ini diikutsertakan pada <b>Kompetisi Menulis Blog Inovasi Daerahku</b> - <a href="https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku" title="Inovasi Daerahku" target="_blank">https://www.goodnewsfromindonesia.id/competition/inovasidaerahku</a></em>

23 May 2016

Bidadariku

Assalamu'alaykum warohmah wabarkah....
Sudah lama sekali, saya tidak posting di blog titipan Allah ini. Kali ini, ingin sekedar sharing saja, yup, sharing sebuah pengalaman yang sudah banyak orang alami & banyak orang belum alami, MENIKAH...

Yang belum menikah & ingin menikah, aku doakan, semoga segera menikah saudara/iku, dapat jodoh yang sholih/ha... Aamiin, yang sudah, aku doakan, semoga semakin sakinah... 

Saudaraku, alhamdulillah, aku diberi amanah oleh Allah, untuk menikah pada 29 Februari 2016, wanita yang kunikahi adalah Puput Oktaviyani. Doakan ya, kami bisa terus belajar menjadi orang sholih/ha, doain juga kami bisa selamat dunia & akhirat... Doa kami, juga selalu menyertai anda saudara/iku...

Singkat cerita, setelah menikah, aku berjanji ingin memberi hadiah istriku. Akhirnya aku beri hadiah yang muahal, apakah itu? Puisi, hehe, yup, puisi, judulnya Bidadariku... Sudah aku bacakan untunya, dan sudah boleh aku publish, agar bisa bermanfaat untuk yang lain, beginilah isinya...

BIDADARIKU
Aku ingat, kala itu, dengan yakin, aku berkata;
"Saya terima nikahnya, Puput Oktaviyani Binti Samin,
dengan maskawin tersebut dibayar tunai"...
Sejak saat itu,
Kaulah cintaku,
Kaulah rinduku,
Kaulah kasihku,
Kaulah sayangku,
Kaulah bidadariku...
Bidadariku,
Kutanam cinta dengan akad,
Berharap berdamping denganmu dunia akhirat...
Bidadariku,
Mari terus belajar mencontoh Rosulullah,
Dan mendekatkan diri pada Allah...
Dari imammu, yang masih belajar nyolehin diri...

Coba deh, saudaraku, sesekali, sering kali juga boleh, puji wanita dalam keluarga kita, buatkan puisi juga boleh. Kalau sudah alhamdulillah, kalau belum yuk dicoba, semoga diberkahi Allah... ^_^

4 Jul 2015

Gendong Ibu untuk haji ke Mekah, bismillah

       Jumat (03/07/2015), pagi itu aku dan adik tengah bersiap-siap untuk berangkat ke rumah nenek di Mojokerto. Aku dan adik sudah sepakat untuk memenuhi 'dawuh' ibu & bapak untuk berangkat kerumah nenek dan kakek di Mojokerto. Keduanya tengah sakit, nenek terkena stroke, sementara kakek bermasalah dengan pendengaran, pengelihatan dan kaki beliau. Misi kami kali ini adalah silaturohim, sekali mengantarkan jamu, juga kacamata untuk nenek dan kakek. Mohon doanya ya, semoga beliau berdua segera sembuh, aku doakan saudara/i dan keluarga sehat selalu, jasmani & rohani. Jika ada yang sakit juga segera disembuhkan, aamiin, alfatihah
       Aku dan Adik akan berangkat setelah sholat jumat, kurang lebih jam 13.00 WIB, naik sepeda motor. Karena ingin sekalian wisata ke Waduk Bening Kab. Madiun dan Museum Majapahit di Trowulan Mojokerto. Kalau naik bus/kereta akan ribet nantinya, lagi pula naik sepeda motor lebih hemat, hehe. Mau naik mobil, juga belum dititipi oleh Allah, aku doain saudara/i yg belum punya mobil segera punya mobil. Dan mobil itu nanti mengantarkan kepada ke sholehan aamiin
       Kali ini aku membawa tas karier (itu yg buat mendaki gunung), karena bawaan kali ini cukup berat, walaupun tidak terlalu banyak. Ada dua pack jamu (lupa namanya), dengan kemasan botol, gula & kopi, pakaian dan barang-barang lain. Masuk dah semuanya ke tas karier, cukup berat kawan, adikku saja cukup kesulitan untuk menggendongnya. Lalu akupun mencobanya beberapa kali, lumayan juga memang, cukup berat jika dibandingkan dengan bawaan ketika mendaki gunung. *hek, agak bungkuk dah hehe
      Ketika duduk di dipan tempat kami menata barang, aku, ibu dan adik tengah bercanda. Akupun bercanda ke ibu, 'nyobi numpak pripun buk?' (arti: nyoba naik gimana bu?) Yang tak maksud adalah naik ke tas karier yang memang cukup besar, ibu bilang 'akupun bisa masuk tas ini' (dalam bahasa jawa). Lalu beliau naik keatas tas, kepundakku, langsung dah, aku gendong ibu, untuk jalan-jalan sebentar, sambil beliau tertawa. Hehe, senang sekali rasanya bisa gendong ibu, beliau tampak terhibur, semoga bisa haji kelak dengan ibu & keluarga besar juga, di awali acara gendong ini. aamiin | Ini mengingatkanku tentang sebuah kisah anak yg menggendong ibunya ketika melakukan ibadah haji.
       Setelah ibu turun, aku mau nyoba gendong adikku, awalnya dia nggak mau, tapi aku kan keras kepala, hehe. Tak tunggu sampai mau, akhirnya mau juga digendong, tak bawa kebelakang pula, ketemu nenek, aku tanya ke nenek, mau digendong sekalian atau tidak? Beliau bilang, masih bisa jalan kok digendong, hehe, tangguh bener dah nenek. Akhirnya kumpul dah berempat, di dipan itu, ritual biasa kawan, minta maaf ke nenek, ibu, adik, karena aku tahu, pasti banyak salahnya. Trus minta doa bareng-bareng, supaya bisa segera haji semua, sekeluarga besar, komplit paman bibi, juga keponakan. Ada juga banyak selipan doa lain, salah satunya, supaya aku segera nikah, dapat istri sholiha, punya anak tiga, belas (13), hehe, bantu doa juga ya.
       Mungkin sedikit nggak nyambung kali yah, tapi insyaAllah dari nyegengin ibu, gendong beliau, doa bareng, cita2 haji bareng juga terkabul. Itulah kenapa aku membuat judul, "gendong ibu untuk haji ke Mekah", nyenengin ibu dulu, sama juga nyenengin Allah, nyenengin ortu dulu, sama juga nyenengin Allah. Ridho Allah ada di ridho ortu, murka Allah ada di murka ortu, kalau ortu sudah ridho dg cita-cita kita, insyaAllah cepet dah, yakin, bismillah. Aku doakan, saudara/i semua bisa berhaji semua, komplit keluarga besar, juga keturunan kelak. Kalau sudah berhaji, semoga jadi haji yg mabrur, aamiin, alfatihah
       Sekian kisahku kali ini, maaf nggak ada foto sebagai data otentiknya, hehe, aku sertakan foto dari serching aja yah, biar cepet ketularan juga. aamiin | Pencintraan lagi, hehe, ini sedang berusaha meluruskan niat, semoga menjadi ajakan menuju kebaikan, di bulan Ramadhan ini. Semoga manfaat, Allahumma sholli'ala Muhammad. Labbaik Allahumma Labbaik, labbaika la syarika laka labbaik inna al hamda wa an ni'mata laka wa al mulk la syarika laka.... Tyas Haryadi ^_^

Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani

Repost lagi, kali ini masih dari catatan akun FBku Tyas Haryadi, tentang hari pendidikan Nasional, semoga bermanfaat.

Dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional yang dilaksanakan setiap tanggal 2 Mei, kita bahas sedikit mengenai ajaran kepmimpinan dari Ki Hajar Dewantara.

Ajaran Kepemimpinan Ki Hadjar Dewantara

Ing Ngarso Sung Tulodo artinya Ing ngarso itu didepan / dimuka, Sun berasal dari kata Ingsun yang artinya saya, Tulodo berarti tauladan. Jadi makna Ing Ngarso Sung Tulodo adalah menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan bagi orang – orang disekitarnya. Sehingga yang harus dipegang teguh oleh seseorang adalah kata suri tauladan.

Ing Madyo Mbangun Karso, Ing Madyo artinya di tengah-tengah, Mbangun berarti membangkitan atau menggugah dan Karso diartikan sebagai bentuk kemauan atau niat. Jadi makna dari kata itu adalah seseorang ditengah kesibukannya harus juga mampu membangkitkan atau menggugah semangat . Karena itu seseorang juga harus mampu memberikan inovasi-inovasi dilingkungannya dengan menciptakan suasana yang lebih kodusif untuk keamanan dan kenyamanan.

Demikian pula dengan kata Tut Wuri Handayani, Tut Wuri artinya mengikuti dari belakang dan handayani berati memberikan dorongan moral atau dorongan semangat. Sehingga artinya Tut Wuri Handayani ialah seseorang harus memberikan dorongan moral dan semangat kerja dari belakang. Dorongan moral ini sangat dibutuhkan oleh orang – orang disekitar kita menumbuhkan motivasi dan semangat.

Jadi secara tersirat Ing Ngarso Sung TulodoIng Madyo Mbangun Karso, Tut Wuri Handayani berarti figur seseorang yang baik adalah disamping menjadi suri tauladan atau panutan, tetapi juga harus mampu menggugah semangat dan memberikan dorongan moral dari belakang agar orang – orang disekitarnya dapat merasa situasi yang baik dan bersahabat . Sehingga kita dapat menjadi manusia yang bermanfaat di masyarakat. Semoga bangsa ini makin memaknai ajaran Ki Hajar Dewantara, dalam kehidupan sehari-hari, berbangsa dan bernegara... aamiin

referensi : gudangmateri.com 

Tips "Belajar Iri"

Repost lagi, bismillah dah, semoga akun FB Tyas Haryadi semakin bisa manfaat, mengajak pada kesabaran & kebenaran, aamiin. Kali ini ingin berbagi tips "belajar iri", yg dibolehkan oleh islam tentunya, langsung saja dibaca ya...

Bismillahirrohmanirrohim, pagi ini saya ingin berbagi sedikit tentang tips "belajar iri". Tentu belajar iri yg dimaksud ini dalam tanda kutip, yaitu iri yang positif. Seperti sebuah hadits, di mana Rosulullah tidak memperbolehkan iri kecuali kepada dua hal. Dari Abdullah bin Mas‘ud RA, ia ber­kata, “Rasulullah SAW bersabda, ‘Tidak boleh iri hati kecuali pada dua hal: (iri ter­hadap) orang yang dikaruniai Allah dengan harta kemudian membelanja­kannya dalam kebenaran dan (iri terha­dap) orang yang dikaruniai Allah dengan ilmu kemudian mengamalkannya dan mengajarkannya’.” (Muttafaq ‘Alaih).

Nah, itulah yg seharusnya kita pelajari, iri kepada mereka yg berharta lalu membelanjakannya dalam kebenaran, dan iri kepada mereka yg berilmu kemudian mengamalkan dan mengajarkannya. Menurut beberapa definisi, Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki / rejeki dan nikmat yang didapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya. Terkadang dg mudah kita terbersit sifat iri ketika ada teman yg penghasilannya bepuluh, ratus, bahkan ribu kali lipat dari kita. Terkadang dg moleknya sifat iri berjalan-jalan di hati kita, ketika orang lain mempunyai karya hebat, mempunyai ketenaran, dapat rejeki, dan lain sebagainya.

Ini ada beberapa tips, agar kita bisa belajar iri, yaitu iri yg diperbolehkan oleh Allah SWT :

1. Berdoa, sesering mungkin kita berdoa untuk dijauhkan dari segala penyakit hati. Mungkin, kita sering berdoa untuk sehat jasmani, terhindar dr segala penyakit jasmani, tetapi kita kurang berdoa untuk sehat rohani, terhindar dr segala penyakit hati. Menurut Aa'Gym dan Yusuf Mansur, kalau berdoa pakai bahasa arab/bahasa Al-quran belum mengerti, pakai bahasa Indonesia saja, Allah Maha Tahu.

2. Ingat hadits diatas, ketika ada bersitan dalam hati "wah, enaknya temanku itu, uangnya banyak, kenapa kok yang dapat dia, bukan aku?". Bisa bahaya ini, bisa jadi ini bisikan setan, "astaghfirullah, ya Allah, ampuni hamba, ampuni hamba, seharusnya tak boleh ada iri. Hamba hanya boleh iri, dg teman-teman hamba yg kaya yg dermawan, yg kaya yg hartanya untuk jalan kebenaran." Dengan mengingat-ingat hadits diatas, kita bisa menstimulus diri untuk selalu belajar iri yg diperbolehkan. Agak keblinger dikit, ingatkan diri sendiri, doa lagi.

3. Minta untuk diingatkan, bukankah Allah memperintahkan kita untuk saling mengingatkan dalam kesabaran & kebenaran? Nah, minta tolong dong, sama orang2 sekitar kita "ibu, bapak (misal ortu), tolong ingatkan aku kalau salah, pasti bakal ada salahnya, mohon di ingatkan!". Begitu juga ke saudara, sahabat, teman, guru, rekan kerja, terutama orang-orang yg lebih sholih dan alim.

4. Minta untuk di doakan, kita sering minta di doakan "doakan aku sukses ya!" ini keren, coba ditambahi "doakan aku sukses dunia akhirat ya, kamu juga!" ini lebih keren juga. Lalu kenapa kita juga tidak minta di doakan, "doakan aku sehat jasmani rohani ya, terhindar dari penyakit jasmani dan rohani juga!". Atau boleh minta di doakan, ke siapa saja yg di jumpai, "doakan aku terhindar dari iri ya, hanya iri yg diperbolehkan Allah saja!"

5. Mendoakan orang lain, Dari Abu Darda’ ra. bahwasannya ia mendengar Rasulullah saw. bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: “Dan untukmu pula seperti itu.” (HR Muslim)

Semoga kita semua sehat jasmani rohani, terhindar dr segala penyakit fisik dan hati, selamat dunia akhirat, aamiin. Sekian, pasti ada salahnya, mohon dimaafkan, ambil baiknya, semoga bermanfaat, wallahu'alam bishowab ^_^

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com