13 Jan 2013

Ikan di KM, lele disebelah rumah, kotak buah, dan sayung bong

Kolam lele, disamping rumah, ini nih, sampai ke dalam KM.

       Kamar mandi ada ikannya, mengingatkan tempat mandi sewaktu masih SD. Ada ikan yang berenang kesana kemari sewaktu mengambil air dengan 'cebok' (gayung), saya sewaktu Pengabdian Masyarakat (PM) juga menemukan hal serupa di KM masjid. Alam selalu bermanfaat untukmu kawan, itulah hikmahnya. Selain itu disamping rumah orangtua mas Fauzi ada sawah, juga ada kolam lele dan gurami. Intinya apa potensi disekitar anda, manfaatkan semanfaat mungkin. Karena di daerah ini air masih cukup berlimpah (walau harus dengan sumur) disana saya sedikit belajar kembali tentang pengolahan lele dan jenis ikan lain. 
       Dahulu semester 5, saya sering bermain dengan lele, bergelut, memberi makan dan lain sebagainya. Belajar membuat tempat lele bertingkat, mengukur PH (kadar asam basa air), membuat pakan sendiri, memberikan plankton (bukan yang di spongebob) sendiri dengan alami. Yah, cukuplah nanti kalau ketemu masalah lele, saya dapat bekal sedikit. :), tapi saya juga pernah ternak lele sendiri waktu SMA, mati sebagian besar, belum tahu apa-apa, modal dari bayar penyiar radio swasta. | Nah, beliau juga punya usaha kotak buah, ini dahulunya usaha kakaknya, lalu dilanjutkan ibunya. Masalah klasiknya adalah mereka tergantung pesanan, bukan mencari pemesan atau membuat pemesan. 
Tempat produksi kotak buah, di usaha milik keluarga.
       Masa jaya banyak sekali pemesan, sampai menolak dan kualahan padahal banyak mengerjakan orang lain. Sekarang hanya ada satu pemesan (paman beliau sendiri) itupun juga jarang-jarang. Inovasi seharusnya terus berkembang, bahkan braind (nama produk) mereka masih sangat sulit untuk membuat, yang sederhanapun belum ada, misal "KOTAK BUAH BU RIKAH". Ini penting kawan, membuat braind. Tapi yang paling saya rindu adalah suguhan sayur "bung pring + pete". Tahukan anda 'bung pring', yaitu tunas bambu muda, bambu ori atau petung, yang masih muda dan besar. Disayur, tinggi protein dan enak lo kawan, saya ketagihan berkali-kali. 
        Sayang kalau dirumah jarang yang masakin :D, wahai Calon ibu dari anak2ku, nanti kapan2 kita masak bareng ya 'bung pring' :D. Nah, ada pula pete rebus, pete yang bikin bau kencing dan bau mulut wow. Tapi khasiatnya juga subhanallah lo, apapun makannya utamakan yang lebih alami. OK? hidup alami, salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi... ;)

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com