Desain Grafis + Fotografi :
Home » , » Indahnya Puasa Nabi Daud

Indahnya Puasa Nabi Daud

Written By tyas haryadi on 16 Jul 2012 | 08.28.00

Selamat puasa disetiap waktu.
       Puasa sunah, adalah suatu hal yang membuat cinta kepada Ramadhan tidak memudar. Karena biarpun bulan suci telah meninggalkan kita, tetapi kita tidak meninggalkan puasa itu sendiri. Yups, minimal itulah kawan yang membuat puasa sunah menjadi sangat berkesan, karena Allah memberi ruang kita untuk selalu dekat dengan yang namanya puasa. Iya saudara sekakek Adam dan senenek Hawa, puasa adalah hal yang membuat kita menahan segala hawa nafsu. Puasa pula yang mengajarkan kita tentang tetap tawadhu’, tetap apa adanya dan sederhana, itulah sedikit hikmah tentang puasa. 
        Saudaraku, ketika berbicara puasa sunah, mungkin kita jarang melakukannya, bahkan hanya ada pada tanggal-tanggal tertentu yang kita lingkari. Tapi puasa Nabi Daud adalah puasa paling istimewa. Kenapa? Dikisahkan, suatu ketika ada sahabat yang bertanya kepada Rasulullah SAW. Sahabat ini mampu berpuasa tiap hari, tetapi Rasulullah bersabda. Bahwa puasa yang paling berat yang boleh dilakukan oleh umatnya adalah puasa daud (Nabi Daud). Apakah puasa ini? yaitu puasa yang dilakukan terus menerus dengan saling bergantian, berbuka dan puasanya. Sehari puasa, sehari berbuka, puasa kembali sehari, bukan lagi seharinya, begitu selanjutnya. 
       Subhanallah memang, karena dengan puasa seperti ini, konsistensi akan benar-benar dijaga. Dengan puasa nabi daud pula, tingkat penahanan nafsu akan terus menerus meningkat. Dengan puasa ini pula, kejujuran kita akan terasah dari hari ke hari. Karena puasa bukan hanya tentang menahan hawa nafsu, tetapi juga tentang kejujuran, tahukan pentingnya kejujuran (baca Jujur, Mujur, Luhur, derajatnya tanpa bisa luntur)? Saya baru merasakan betapa istinewanya puasa Nabi Daud pada semester 6 waktu kuliah di UIN Maliki Malang. Memang saya hobi puasa (baca mengganti puasa sunah dihari lain), tetapi dalam hal urusan puasa Nabi Daud saya baru mencoba. Sehingga para saudaraku sekalian sangat perlu untuk mengamalkan ibadah puasa ini. yang sudah mengamalkan “Alhamdulillah”, mari makin diamalkan lagi dan mengajak saudara yang lain. 
       Dalam kesehatan, puasa sangatlah bagus. Dimana Rasulullah menyunahkan untuk tiap bulannya minimal puasa tiga hari. Ini sangatlah tepat, kenapa? Karena berdasarkan penelitian, satu hari puasa ini bisa menjadi anti toksin untuk tubuh kita selama 10hari. Tiga hari puasa dalam sebulan, untuk anti toksin 30hari, subhanallah. Tentu dengan puasa Nabi Daud, membuat anti toksin kita juga bertambah. Dalam hal kesehatan lain, tubuh kita tidak boleh menerima terlalu banyak makanan dan terlalu sedikit. Dengan sehari puasa sehari berbuka, sesungguhnya kita tengah membiasakan diri untuk selalu hidup pas-pasan, pas pula waktu untuk ngisi perut. Berimbang bahasa kerennya, bahasa bang Rhoma “sedang-sedang saja”. 
       Itulah sedikit yang saya ketahui tentang puasa sunah Nabi Daud, semoga bermanfaat. Nampaknya saya juga harus lebih banyak belajar lagi. Salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi…. ^_^
Share this article :

3 komentar:

  1. Puasa daud adalah termasuk amalan nabi daud yang di sunnahkan oleh nabi muhammad disamping sholat malam, dua amalan ini lebih dicintai allah Swt. faedahnya kita akan di cintai Allah Swt, amalan lain itu untuk kita pribadi, sedangkan puasa untuk allah Swt sehingga allah Swt yang akan memberikan pahalanya itu sendiri kepada kita yang berpuasa, baik berupa harta, tahta dan lainny, namun perlu diingat bahwa cinta allah swt tetap menjadi utama. salam dari Komunitas Sunnah Daud Sumatera Selatan. M. Hamdani, AMKep, SKM, M. Kes (Biomed).... buat kawan-kawan pencari cinta allah swt kita buat acara buka bersama yoo... tanggal 20 Mei 2013 di sekretariat KSD Sumsel. infak Rp 10.000,- kalau mau ikut sms ke 0711 790 8 790 aja. target kita ada 500 orang pengamal sunnah daud, sholat malam dan puasa daud.

    BalasHapus
  2. tri zulrahman syah17 Januari 2014 15.54

    terima kasih post nya mas, banyak manfaatnya. saya juga baru memulai puasa nabi daud, mohon doanya, makasih banyak :)

    BalasHapus

 
Support : Jasa IT dan Multimedia |
Copyright © 2014. Tyas Haryadi - All Rights Reserved
Template Design by Cah Magetan Studio