14 Jul 2011

Ciri-Ciri Komputer Terinfeksi/ Terkena Virus.

animasi komputer & virus
        Salam dunia IT kawan, kali ini Tyas Haryadi akan membahas sedikit tentang cirri-ciri atau tanda-tanda computer terinfeksi/ terkena oleh virus. Kadang kita bingung apakah computer kita sudah terinfeksi oleh virus atau hanya karena kesalahan kita pada setting saja. Karena banyak yang menganggap komputernya terkena virus, padahal komputernya masih bersih sebersih-bersihnya. Untuk itu ini adalah Ciri-Ciri Komputer Kita Terinfeksi Virus:
- Komputer berjalan lama atau lemot daripada biasanya.
- Sering terjadi pesan error atau yang lain sebagainya.
- Perubahan tampilan pada computer tanpa kita ubah.
- Media penyimpanan bisa menyimpan dan mengkopi data tanpa kita copy.
- Komputer secara tiba-tiba restart sendiri atau crash ketika menjalankan program.
- Hobi mengeluarkan pesan yang tidak semestinya.
- Komputer hang dan tidak member respon kepada perintah.
- Harddisk tidak bisa diakses sama sekali.
- Jika disambungkan dengan perangkat lain maka tidak bisa digunakan, padahal tidak terjadi kesalahan pada hardware maupun softwarenya.
- Sering ada menu atau kotak dialog yang error atau rusak.
- Hilangnya beberapa fungsi dasar komputer.
- Komputer berusaha menghubungkan diri dengan internet atau jaringan tanpa kita suruh.
- File yang kita simpan di komputer atau media penyimpanan hilang begitu saja atau disembunyikan virus. Lan sak piturute (dan lain sebagainya),,,,
 
Contoh bentuk media penyebaran virus komputer dari komputer yang satu ke komputer yang lain :
- Media Penyimpanan (disket, flashdisk, harddisk eksternal, zipdisk, cd, dvd, bluray disc, cartridge, dan lain sebagainya)
- Jaringan lan, wan, man, internet dan lain sebagainya.
- File attachment atau file lampiran pada email atau pesan elektronik lainnya.
- File software (piranti lunak) yang ditunggangi virus komputer.
        Cara yang paling ampuh agar kita tidak terkena virus komputer adalah dengan cara menginstall program komputer yang orisinil atau asli bukan bajakan yang tidak ditunggangi virus dan kawan-kawan, tidak menghubungkan komputer dengan jaringan atau internet, serta tidak pernah membuka atau mengeksekusi file yang berasal dari komputer lain.
        Tetapi cara seperti itu terlalu ekstrim dan kurang gaul dalam penggunaan komputer sehari-hari karena biasanya kita melakukan pertukaran data atau file dengan komputer lain baik berupa file pekerjaan, file gambar, file attachment, file musik, file video, dan lain sebagainya.
        Jadi untuk menghindari komputer kita diinfeksi dan terserang virus maka kita harus waspada dalam berinteraksi dengan file dari komputer lain, file dari media penyimpanan dari orang lain, attachment email, pertukaran file jaringan, lubang keamanan komputer kita, dan lain-lain. Pasang antivirus yang bagus yang di update secara berkala serta program firewall untuk jaringan dan anti spyware dan adware untuk menanggulangi jenis gangguan komputer lain. Adapula yang memudahkan kita untuk tidak terinfeksi virus, gunakan saja OS (operating system) liux, karena pada dasarnya virus hanya mampu bekerja pada windows yang notabene merupakan produk berbayar. Sehingga anti viruspun juga menjadi sebuah media untuk mendapatkan uang dari hal tersebut.
        Demikian kawan penjelasan singkat tentang cirri-ciri computer terinveksi virus. Semoga bermanfaat untuk semuanya, salam IT dari sang pengembala Tyas Haryadi… ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com