9 Feb 2013

TPA juga tempat les

Tidak hanya belajar Agama, tapi juga belajar ilmu eksata.
       TPA (Taman Pendidikan Al-quran) biasanya sangat identik dengan yang namanya ilmu agama Islam. Hal ini memang benar, akan tetapi tidak wajib menjadi acuan hanya dengan mengandalkan hal itu saja. Kenapa? Akhir-akhir ini banyak TPA sudah mulai sepi, bukan karena yang mengajar minim, melainkan yang diajar kurang bahkan terkadang tidak ada. Selidik punya selidik, salah satu contohnya adalah di TPA Al- Hasan tempat saya mengajar. Dahulu banyak sekali anak-anak yang belajar disini (kurang lebih setahun yang lalu), sekarang anak-anak itu lebih disuruh oleh orangtuanya untuk ikut les mata pelajaran. 
       Parahnya lagi, mereka tidak diperbolehkan untuk belajar ke TPA, melainkan lebih baik belajar dirumah atau istirahat jika tidak ada les. Nah, seharusnya TPA tidak hanya untuk tempat belajar agama, yaitu dengan menambahkan les gratis. Misal belajar agamanya ba'da sholat ashar, maka lesnya bisa dilaksanakan ba'da sholat magrib sampai sholat isa'. Selain itu beri kegiatan yang lebih divariatifkan, misal kesenian islam, cerita tentang taulad yang menarik, dan perlombaan sampai mabit (malam bina iman dan taqwa). Tentu ini akan menjadi hal menarik bagi santri dan terpenting orangtua santri, apalagi embel- embel paling besarnya adalah gratis. 
Tyas Haryadi, Pengajar TPA, Bawang, Lowokwaru Malang. 
       Nah, yang ini alhamdulillah langsung tembus dulur. Cair lagi dah, alhamdulillah, semoga anda semua juga dapat yang lebih ya. Mari semangat menulis dan berbagi ide, pasti banyak manfaat dan faedahnya. Tulisan ini bisa di baca Koran Jawapos hal 4, kolom Gagasan tanggal 4 Februari 2013, salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi.... ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com