25 Nov 2010

Ide-ide potensial bisnis yang riil

     Ide adalah sesuatu yang sangat sederhana tetapi sangatlah mahal harganya, mengapa? Karena dari ide-ide yang cemerlang dan dianggap gila muncul berbagai penemuan dan sesuatu yang spektakuler. Sebut saja penemuan bola lampu pijar, the botol, snack kacang garing, bahkan sampai minuman mineral kemasan. Ini juga banyak tertuang didunia informasi, seperti ide mesin pencari “search engine” yang di buat oleh larry dan allen, jejaring sosial facebook yang sudah berkembang sangat luas di belahan dunia. Sampai ide memasukkan gitar, piano, dan semua alat musik dalam aplikasi komputer, sungguh sangat luar biasa. Adapun beberapa yang dapat mengasah otak dan skill kita dalam mempelajari bisnis yang riil itu dapat terjadi. Dengan mendalami beberapa masalah atau aspek yang dapat kita manfaatkan, misal:
     a. Mengenali kebutuhan pasar . semua usaha dibidang apapun pada intinya sama saja, sama-sama bertujuan sama yaitu memperoleh hasil dengan menjual atau memberikan yang terbaik kepada konsumen.. Kita dapat memanfaatkan segala sesuatu yang menjadi kebutuhan pasar yang sampai sekarang ini belum terpenuhi, seperti kebutuhan untuk potong rambut, mencari makanan yang enak dan murah di internet, belajar budaya di internet, dan lain sebagainya. Ini adalah sebuah pasar yang sangat menguntungkan karena kebutuhan masyarakat secara global dan mewakili golongan besar.
      b. Mengembangkan produk yang telah ada di pasar. Ide pertama memang sangat cemerlang tetapi belum tentu sukses, boleh jadi ide pengembangan dari ide pertama itu menjadi lebih sukses dan diminati banyak orang. Seperti ide makan pisang pontina dulu memang kurang didengar, tetapi sekarang makin dikenal yaitu P-man (sebuah pruduk turunan dari pisang pontina). Hasilnyapun sungguh sangatlah luar biasa.
      c. Memadukan bisnis-bisnis yang ada. jika kita punya usaha keripik ketela kanapa kita tidak menjadi petani ketela juga dan penyedia bahan plastik sebagai wadah. Ini adalah ide yang mulai dikembangkan banyak usaha-usaha besar, yaitu memadukan ide-ide menjadi sebuah uasaha yang super komplek dan luar biasa.
      d. Mengenali kecenderungan (tren) yang terjadi. Selera pelanggan selalu berubah setiap waktu tanpa kita pahami dan sadari (jika kita bukana sebagai pelaku bisnis). Akan tetapi dengan selalu berubahnya selera dan juga tren di masyarakat membuat semakin banyak dan variatif bisnis yang bisa digeluti. Seperti tren berpakain, menjadi sesuatu yang sangat penting bagi pengusaha veshion, konveksi, sampai distro.
      e. Waspai segala kemungkinan yang awalnya sepele. Sering kali kita memahami jika ada yang mengutarakan sebuah ide, itu dianggap sebagai ide yang sepele atau remeh temeh. Ternyata setelah digeluti oleh sebagian orang menjadi sesuatu yang sangat luar biasa. Ada contoh seperti makanan dari ketela yang dulunya dianggap kurang berkelas tetapi sekarang? dengan sedikit polesan, mie dari ketela harganya bisa lima kali lipat mie biasa, luar biasa bukan?
      f. Menggunakan asumsi-asumsi yang baru (tidak baku). Pusat olahraga biasanya hanya terdapat tempat olah raga bagi orang dewasa saja, coba kalau ada olah raga untuk anak-anak dan restaurant atau cukuplah kantin sebagai tempat makan. Maka itu akan meningkatkan pengunjung, sehingga para keluarga juga bisa menjadikan pusat olahraga sebagai alternatif liburan keluarga yang dekat, murah, dan mengasikkan.
     Bisnis itu adalah sesuatu yang indah dan akan selalu dapat membantu kita menikm ati hidup, dengan beberapa ide cemerlang dan konsepsi sederhana tetapi hasil yang besar. Inilah yang disebut ide-ide potensial dalam bisnis riil. Semoga bermanfaat, ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com