24 Nov 2010

Penggunaan command prompt

      Command prompt adalah sebuah aplikasi yang dapat dikatakan sebagai DOS (Disk Operating Sistem)nya windows. Karakteristik yang sama antara DOS dan command prompt adalah bahasa perintahnya,bukan perintah ditempat atau jalan (dalam dunia kepramukaan). Tetapi perintah internal dan juga perintah eksternal, apa itu perintah eksternal dan internal? In = didalam, eks = diluar, selesai.^_^,,, perintah internal adalah perintah yang langsung dsapat dijalankan atau dieksekusi didalam DOS atau command prompt tanpa harus ada program tambahan. Sedangkan perintah eksternal adalah perintah yang membutuhkan program tambahan untuk menjalankannya, seperti attrib.exe, format.com, dll, sabar dulu kawan. Ada pula beberapa perintah internal :

1. Cls = membersihkan layar.
2. Cd = memanggil direktori.
3. Dir = menampilakan isi deriktori atau drive.
4. Copy = menyalin file.
5. Del = menghapus file.
6. Ren = mengganti nama file.
7. Md = membuat deriktori baru.
8. Rd = menghapus deriktori.
9. Date = menampilkan dan mengatur tanggal.
10. Time = menampilakn dan mengatur waktu.
11. Echo = mencetak string.
 
Dan untuk perintah ekternal:
1. Format = memformat partisi atau drive.
2. Unformat = merecover pertisi atau disk yang terformat.
3. Undelete = mericover vile yang terhapus.
4. Attrib = mengatur atribut file.
5. Edit = membuat atau mengedit file.
6. Label = menentukan label disk.
7. Tree = menampilkan seriktori beserta sub-subnya.
8. Deltree = menghapus deriktori beserta sub-subnya.
9. Xcopy = menyalin satu deriktori utuh.
10. Chkdsk = melakukan pengecekan pada disk.
11. Scandisk = mendiagnosa permasalahan pada disk.
12. Move = memindahkan file.
 
      Sebenarnya masih banyak lagi perintah internal maupun eksternal yang dapat dipelajari atau saya tulis disini. Tapi cukuplah 23 perintah dulu agar otak ini tidak terlalu panas, tetapi sangat bermanfaat bagi kita. Dari perintah-perintah sederhana inipun kita dapat menjadi seorang virus maker yang handal.
Memahami command prompt akan menjadikan kita lebih fasih dalam bermain komputer apalagi masalah windows. Walupun sekarang linux sangat berkembang dikalayak kita, akan tetapi windows masih menjadi sesuatu yang sangat difavorikan, apalagi dengan hasil bajakannya. Bermain command prompt berarti kita akan mempelajari DOS masa sekarang, agar secara mudah dapat mengetahui data dikomputer tersebut. dalam mempelajari suatu hal tentu ada waktunya kita harus belajar dari nul, bukan hanya belajar dengan hasil nul. ^_^ sehingga kelak dapat dikembangkan sendiri seduai dengan keinginan kita.
     Misalnya dengan berpindah drive, cukup dengan mengetik nama drive lalu tanda “:”, jadi jika kita berada di drive C dan ingin pindah ke drive D maka ketik saja “D:” lalu enter, beres. Kemudian untuk menampilakan deriktori silakan ketik “DIR” pada command prompt lalu tekan enter, jika drive atau deriktori ada, maka kita akan delihatkan semua isi dapurnya. Dan jika ingin berpindah ke deriktori lain atau sub deriktori lain anda bisa mengetik “CD” atau call dariktori. Saya cukup sekian dulu saja ya? Semoga brmanfaat, lebih jelasnya akan saya tulis di posting lain. lagi saya juga lagi belajar buat virus, sama-sama belajar bkawan! ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com