2 Jun 2011

Apa itu Worm Virus?

Luv detection.
       Kali ini kita bahas tentang virus worm, atau dapat dimaknai cacing computer dalam pemaknaan bahasa inggris. Virus worm adalah jenis virus yang mampu menggandakan dirinya sendiri dalam system computer. Virus worm ini dapat menggandakan dirinya melalui jaringan baik itu LAN, WAN, dan internet tanpa perlu bantuan user itu sendiri. Virus worm ini memanfaatkan ruang yang terbuka pada sebuah computer atau biasa disebut dengan vulnerability. Beberapa virus worm juga menghabiskan bandwidth yang tersedia, karena ini merupakan evolusi dari virus computer.
        Cara mengatasi virus ini berbeda dengan virus trojan, pengatasannya dengan cara menutup celah yang ada pada computer, dengan meng-update patch atau Service Pack dari OS yang digunakan. Jika virus computer mampu menginfeksi berkas-berkas dalam system computer maka worm mampu melakukannya dengan lebih baik. Karena worm dapat menyebar ke semua jaringan yang terhubung dengan system yang terinfeksi. 
       Adapula beberapa contoh dari virus worm adalah:
•  ADMw0rm: Worm yang dapat melakukan ekspolitasi terhadap layanan jaringan Berkeley Internet Name Domain (BIND), dengan melakukan buffer-overflow.
•  Code Red: Worm yang dapat melakukan eksploitasi terhadap layanan Internet Information Services (IIS) versi 4 dan versi 5, dengan melakukan serangan buffer-overflow.
•  LoveLetter: Worm yang menyebar dengan cara mengirimkan dirinya melalui e-mail kepada semua akun yang terdaftar dalam Address Book Microsoft Outlook Express/daftar kontak dalam Microsoft Outlook dengan cara menggunakan kode Visual Basic Script (VBScript).
•  Nimda
•  SQL-Slammer

        Jadi cukup sekian kita mengenal dengan virus worm, agar pengetahuan dan wawasan bertambah. Semoga postingan kali ini bermanfaat, salam pemberi warna kehidupan. Tyas haryadi ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com