29 Nov 2010

Tyas dan ahli komputer

     Tyas haryadi, sebuah nama yang mungkin sedikit asing atau lebih tepatnya lebih banyak memiliki kemiripan dengan nama cewek. Tyas haryadi adalah nama saya, sesuatu pemberian orangtua yang akan saya bawa sampai batu nisan kelak. Tyas berasal dari bahasa sansekerta yang berarti hati, oleh karena itu kebanyakan cewek menggunakan nama tyas dari pada cowok. Sementara haryadi mengandung arti mulia dan bijaksana, ini juga berasal dari bahasa sansekerta. Jadi secara garis besar arti nama saya adalah orang yang berhati mulia dan bijaksana, keren banget ya? ^_^ setelah berbasa-basi sedikit dengan nama, saya akan sedikit memaparkan tentang seorang ahli komputer di tanah air, yang pasti nama saya belum tercantum. Romi satrio wahono, beliaulah orang yang saya maksud, pendiri ilmukomputer.com yang sekarang menjadi salah satu referensi paling mungkuni di bidang teknik informatika maupun computing.
     Beberapa waktu lalu (23-11-’10) kami (HMJ Teknik Informatika UIN Malang) memiliki kesempatan untuk mendatangkan beliau dalam rangka mengisi seminar nasional entrepreneurship. Saya menjadi salah satu yang bertugas untuk lobi pemateri (pak romi), beliaupun mengiyakan dan akhirnya tanggal seminar saya dan mas rizal (HMJ TI juga) menjemput beliau di bandara juanda. Ternyata beliau adalah orang saintis yang motivatoris, buktinya ketika memberi seminar semuanya terkesima atas materi yang disajikan, dengan bahakan yang sering muncul. Pak romi adalah seorang ahli komputer, beliau kuliah di universitas saitama jepang di kampus saitama university selama 10 tahun. Bukan waktu yang singkat 10 tahun itu, lebih dari setengah umur saya sekarang. seorang ahli tidak harus hidupnya penuh dengan hal yang benar-benar ahli ditekuninya, tetapi adalah seseorang yang mampu secara loyal untuk memberikan semua kepada bidang tertentu itu. Itulah yang saya lihat dari beliau, memang tidak ada yang 100%, akan tetapi beliaulah yang menjadi 85% lebih dalam hal teknik informatika dan komputer.
      Dalam bahasa nilai perkuliahan maka nilai itu sudah menyabet nilai A, yang saya rasa sepadan dengan kemampuan beliau. Ternyata beliau juga seorang aktifis KAMMI (kesatuan aksi mahasiswa muslim indonesia), dengan dalil-dalil singkat tetapi mengena beliau juga membuat para penonton menjadi terbahak dan tersenyum dalam hati. Sungguh suatu seminar yang memang layak diharagai 50-70rb oleh para peserta, walaupun ada juga telatnya tetapi kebanyakan merasa puas dengan seminar entrepreneur kali itu. Saya menyatakan “sehari bersama ahli komputer”, karena selama kurang dari 12jam saya bersama beliau (pak romi) mulai dari bandara sampai beliau melakukan perjalanan kembali kebandara. Ilmu dan celotehannya memberi inspirasi dan memberi wawasan pula cara berbisnis saya, terutama agar tidak berjauhan dengan yang namanya jurusan yang saya ambil (teknik informatika).
      Saya yang juga berkesampatan menjadi moderator pada seminar siang itu memiliki motovasi berlebih karena pak romi memberi contoh kepada saya sehingga membuat saya seperti ditimpuk dengan modal ilmu. Acara seminar yang harusnya dimulai jam 13.00 molor 26 menit, tetapi semuanya terbayar dengan materi seminar selama tiga jam yang sangat luar biasa. Adapula beberapa materi luarbiasa yang disampaikan beliau akan saya posting di postingan berikutnya. Tetapi seminar ini biasa saja jika dibandingkan dengan isi Al-quran kawan, hanya seminar ini jadi salah satu penopang agar semangat dan wawasan yang diajarkan Al-quran dapat dipahami oleh anak-anak informatika yang notabene adalah orang-orang yang berfikir dengan logika (otak kiri).
     Dengan sedikit semangat yang telah tertanam pada diri saya membuat semangat menjadi mudah membara. Saya pastikan 10tahun lagi saya akan lebih dari beliau, semoga bermanfaat.  ^_^

8 comments:

  1. hmmmmmmmm sama2 tembem plus bermata 4 ini...moga dech pinternya juga,,,amin ^_^

    ReplyDelete
  2. nggih matursuwun, smg anda jg sukses dengan impian anda. ^_^
    jangan ragu dengan langkahmu,

    ReplyDelete
  3. amin.....
    semoga aku bisa....amin

    ReplyDelete
  4. ahli komputer, sudahkah mengembangkan ilmu informatika di tanah air?

    ReplyDelete
  5. bukan membangunnya bung, tp sumbangsihnya.
    prestasi dan usahanya sampai sekarang ini.

    ReplyDelete
  6. teruskan langkah mu nak......

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com