27 Mar 2011

SEO, Search Engine Optimazition untuk web dan blog kita.

       Di postingan trik komputer kali ini kita bahas sedikit tentang SEO. Search Engine Optimization, atau biasa disebut dengan SEO, adalah sebuah cara atau teknik dan seni yang bertujuan untuk menempatkan sebuah web ataupun blog di posisi teratas di mesin pencari, salah satunya google (search engine terpopuler sekarang ini). Jika berbicara tentang sesuatu hal tentu kita akan berpikir apa keuntungannya? Yups, sekarang kita lihat apa saja sih keuntungan dari SEO itu sendiri, sebagai berikut:

1. Search Engine adalah tempat paling favorit yang digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari sesuatu. Dan berdasarkan hasil survey bahwa hampir 90% pengguna internet menggunakan search engine untuk mendapatkan informasi suatu tempat diinternet. Dan 68% pengguna internet di uni eropa dan amerika menggunakan google sebagai search enginenya, kalau di Indonesia saya pastikan lebih dari 90%, jumlahnya berbanding lurus dengan jumlah muslim di bangsa ini. ^_^

2. Sebagian besar pengguna search engine (90% juga) tidak pernah melewatkan halaman pertama dan kedua dari mesin pencari. Oleh karena itu sangat penting untuk menempatkan web atau blog kita di posisi teratas. 

3. Hampir 70% pengguna search engine tidak pernah mengklik pada hasil pencarian sponsor. Sehingga pencarian secara alami akan membuat website atau blog memperoleh posisi yang strategis.
 
4. Di negera maju, seperti amerika, inggris, dan Negara lain-lainnya sudah mencapai penjualan sampai 20% melalui dunia maya. Dan transaksi ini akan terus meningkat dengan semakin dibutuhkannya sesuatu yang higenis.
 
5. Dengan memilik tampang, toko, atau jasa di halaman utama sama saja kita punya toko atau spanduk besar dijalan utama pantura. Atau kalau tidak ya nongkrong di televisi nasional negeri ini.
 
       Sementara hanya itu kawan yang saya tahu, ini juga dari buku kawan.hehe,,, tapi ada sedikit editing dan juga pembaharuan ala tyas haryadi. Pembahasan SEO ini akan lebih luas dari pada apa yang kita bayangkan, karena ada banyak aspek yang terlibat dalam optimasi search engine itu sendiri. Akan tetapi pada postingan kali ini yang akan kita bahas lebih tentang pemaksimalan search engine dengan mengakalinya. Lalu apa pertimbangannya?
 
Dalam memaksimalkan SEO, ada beberapa elemen yang harus kita pertimbangkan dalam memaksimalkan sebuah website maupun blog itu sendiri. Antara lain adalah sebagai berikut:
- Halaman masuk dan keluar
- Judul halaman.
- Konten halaman.
- Gambar.
- Struktur website.
- Isi.
 
       Selanjutnya adalah beberapa cara untuk mengakali website atau blog kita agar berada diposisi yang stretegis. Diantaranya adalah memaksimalkan keyword, bagaimana caranya? Ini sedikit mudah-mudah gampang, kenapa? Coba kita ketik huruf “T” di google, maka secara otomatis google akan member kita beberapa alternative, misal yang muncul pertama adalah Tyas haryadi maka Tyas haryadi adalah nama yang popular dan paling banyak dicari di google dengan awalan “T”. Lalu setelah kita menemukan satu nama yang popular tekan spasi untuk mengetahui apa yang paling populer dari nama ini. Misal setelah kita mengetik Tyas Haryadi lalu spasi maka yang keluar adalah “ahli enginer”, atau “ustad”, maka gunakanlah kata itu untuk sebuah judul tulisan atau web dan blog anda. Selain menggunakan satu nama atau kata yang populer kita bisa menggunakan gabungan kata yang populer, ketika kita mengetik “A”, maka aka ada “avira” yang muncul pertama kali. Kita bisa membuat judul blog, web ataupun artikel dengan cara menyatukan dua penemuan tadi, misal “tyas haryadi, pengguna Avira di Indonesia.” Maka ini akan memberi kesempatan untuk semakin banyak pengunjung dari hal namanya.
        Dari tips diatas kita bisa memaksimalkan pula cakupan keyword, dimana jika seseorang mencari “toko buku”, maka kita memiliki peluang untuk memaksimalkan kata “toko buku praktis”, “toko buku murah.”, “toko buku murah meriah”, dan lain sebagainya. Ini dimaksudkan untuk memperluas cakupan, selain popularitas sebuah keyword tentunya. Dan satu hal lagi mengenai keyword adalah nilai kompetitifnya, apa maksudnya? Yaitu sesuai dengan target pasar atau pengunjung dari web ataupun blog tersebut. Karena dari kata kunci ini sendiri memiliki porsi yang cukup besar sebagai acuan kesuksesan dalam SEO kita.
        Selanjutnya adalah gambar, beri judul gambar yang sesuai ataupun unik, maka akan banyak yang berkunjung ke web kita. Karena sekarang ini tidak jarang pengunjung menggunakan search engine gambar untuk menemukan sesuatu, jadi sungguh peluang besar jika blog atau web qita selalu dilengkapi dengan gambar, sebagai salah satu kebutuhan utama para pengguna search engine. Link-link juga akan membantu kita dalam SEO, apabila semakin banyak kita bertukar link dan orang lain juga melink ke blog ataupun web kita maka peluang dikunjungi akan semakin besar. Sementara itu dulu kawan tentang SEO kali ini, lain kali kita bahas tentang SEO lagi. Semoga bermanfaat,,, ^_^

2 comments:

  1. Artikel-artikelnya benar2 edukatif. teruskan karyanya sob. :D

    ReplyDelete
  2. makasih sob, artikel2 agan jg keren2.
    lanjutkan karya anda jg sob,,, :)

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com