1 Dec 2010

Cara memulai bisnis baru dengan cerdas

     Pintu surga ada tujuh kawan, tujuh pula jumlah pintu neraka, jadi kita punya pilihan 14 pintu tinggal kita mau masuk pintu yang mana? Seorang pebisnis atau orang yang ingin terjun kedunia bisnis dan berwirausaha akan kebingungan dalam hal memulai sebuah bisnis, kenapa? Walaupun perdagangan itu adalah 8 dari 10 pintu rejeki, tetapi tetap saja ada masalahnya. Apalagi dalam memulai suatu usaha atau bisnis baru, dan inilah beberapa hal yang dapat dikakukan untuk memulai bisnis.

1. Memulai bisnis baru.
     Memulai usaha atau bisnis baru memiliki nilai lebih bagi sang pengusaha, karena dengan membuat sebuah usaha baru berarti kita punya kemampuan menciptakan yang baru dan bisa menjadi trend bisnis. Merintis sebuah jalan adalah sesuatu yang sangat luar biasa, gagasan yang pernah dianggap gila menjadi sesuatu yang luar biasa. Memulai bisnis atau usaha baru berarti harus mempersiapkan apa yang akan dijadikan usaha, organisasi baru, sistem baru, sampai pengelolaan dana dengan konsep sendiri. Ini adalah sebuah tantangan dan kesempatan emasnya kepada mereka. Adapula ketika membuka sebuah usaha baru maka kita akan berpikir kriteria secara mandiri dan bebas sehingga perkembangan sebuah usaha benar-benar berada ditangan kita.
 
2. Membeli usaha yang sudah berjalan.
      Selain memulai sebuah usaha yang benar-benar orisinil atau ide utama dari kita, juga ada cara lain yaitu membeli usaha yang sudah berdiri. Ini adalah alternatif yang sangat menguntungkan, yaitu dapat dilakukan oleh siapapun asal sedikit paham tentang marketing dan manajemen. Sebab kelemahan beberapa usaha yang dijual kepada orang lain biasanya memiliki masalah pada marketing atau menejemen, walaupun tidak sedikit karena faktor lain. dengan memilih cara ini kita tidak perlu memikirkan sebuah usaha baru, tetapi cukup mengemas dan mengembangkan usaha itu menjadi sesuatu yang bernilai tinggi dan dapat diterima dipasar.
 
3. Mengembangkan atau menginovasi usaha yang sudah ada.
      Bisnis sekarang ini adalah sesuatu yang sangatlah cepat perkembangannya hampir menyamai informasi dan aspek lain dalam kehidupan. Kadang juga tak jarang ada kesamaan nama dan hasil usaha baik disengaja maupun tidak disengaja. Sehingga pangsa untuk memodifikasi suatu usaha sangatlah terbuka luas, diantaranya untuk ide bisnis awalnya. Jika sekarang sedang galak-galaknya makanan yang berasal dari pisang seperti mr.banana, P-Man, dan lain sebagainya, tentu kita bisa memberikan variasi yang berbeda pada pengolahan pisang. Hal ini membuat kita menang di bidang inovatif, dan itu adalah salah satu poin kemenangan seorang pebisnis di kelas ruki.
 
4. Waralaba.
      Waralaba adalah sebuah ide bisnis yang sangat menjanjikan, karena dengan modal yang termasuk golongan menengah tetapi keamanan bisnis dan keuntungan lebih terjamin. Karena ketika memasuki bisnis waralaba kita akan membeli nama, sistem, sampai standart-standart sebuah usaha yang kita tekuni sebagai bisnis waralaba. Di Indonesia bisnis ini terbukti lancar dan sukses besar, coba lihat Indomaret, Alfamart, Alfamidi, dan lain sebagainya.
     Sementara hanya empat itu yang dapat saya sampaikan, kalau banyak-banyak saya belum cukup untuk membahas semua hal itu. Hehehe, dalam memulai suatu usaha janganlah terlalu gegabah dan janganlah terlalu lama berfikir, haruslah tepat dalam mengambil keputusan yang tidak akan merugikan pihak manapun. Semoga postinagan kali ini bermanfaat, barokallah ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com