17 Dec 2010

Sejarah virus komputer

       “we define a computer ‘virus’ as a program that can ‘infect’ other program by modifying them to include a possibly avolved copy of it self. With the infection an property, a virus can spread throughout a computer system or network using the authorizations of every user using it to infect their programs. Every programs that gets infected may also as a virus and thus the infection grows.”
       Istilah virus computeratau yang lebih dikenal dengan computer virus pertama kali digunakan oleh Fred Cohen dalam papernya yang berjudul “Computer Viruses – Theory and Experiments” dan kutipan diatas adalah deskripsi yang diberikan oleh Fred Cohen. Berdasarkan kutipan diatas kita dampat mengambil kesimpulan bahwa virus komputer memiliki sifat dasar yaitu : mempunyai kemampuan untuk menginfeksi dan menyebar ke program lain. sementara itu penggunaan kata virus itu disebabkan adanya kesamaan dalam hal sifat antara virus komputer dan virus dalam dunia nyata. Yaitu keduanya memiliki tujuan untuk bertahan hidup dan mengembangkan diri (bereproduksi).
      Selain itu pada dasarnya virus komputer dapat dikelompokan menjadi dua tipe. Yaitu virus yang digunakan untuk tujuan penelitian dan studi (tidak depublikasikan), yang kedua yaitu virus yang membahayakan sistem komputer pada umumnya, sering kali disebut dengan istilah virus “in the wild”. Adapula beberapa sejarah dalam dunia pervirusan yaitu pada ’81 virus “in the wild” pertama ditemukan. Virus yang diberi nama Elk Cloner ini menyebar melalui floppy disk pada komputer Apple II. Pada tahun ’86 sepasang kakak adik dari pakistan, Basit dan Amjad, menciptakan sebuah boot sector virus pertama yang diberi nama brain. Brain sering kali disebut sebagai virus pertama di dunia. Selain itu pada tahun ’95 juga terjadi juga serangan pada hari Thanksgiving oleh para hacker yang menamai diri ‘Internet Liberation Fron’. Beberapa lembagapun menjadi korban serangan ini diantaranya: Griffith Air Force Base, Korean Aomic Reseach Institute, NASA,GE, IBM, dll. Virus macro pertama yang menyerang aplikasi Microsoft Word, Concept, dikembangkan.
      Ini lah zaman yang mulai berkembang ke arah bisnis dan juga ilmu pengetahuan. Ini mulai tercermin ketika akhir - akhir ini banyak beberapa perusahaan software yang fokus kepada pengembangan anti virus. Seperti logika obat untuk penyakit flu yang notabene berasal dari virus membutuhkan obat untuk meredakannya. Seperti itu pula ketika sebuah komputer terjangkit virus, tentu mengharapkan adanya pembasmian dan pelemahan agar virus itu tidak memberikan efek berbahaya pada komputer. Dari sinilah banyak yang mengambil keuntungan untuk dekembangkan di dunia bisnis, seperti yang sekarang dilakukan oleh AVG, avira, virus komputer dan lain sebagainya.
      Banyak sekali yang menghasilkan dan memanfaatkan virus dewasa ini, yang ini akan menjadi sejarah setelah beberapa tahun kedepan. Semoga bermanfaat postingan kali ini, terimakasih ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com