12 Dec 2010

Kokoh dan indahnya paiton, kota probolinggo

     Probolinggo, sebuah kota yang sangat rekenal dengan buah mangganya. Karena kota ini termasuk salah satu penghasil mangga terbesar di nusantara dan setiap pinggir jalan selalu banyak pohon mangga, inilah probolinggo kota mangga. Saya yang melakukan perjalanan dari malang ke situbondo, jika melihat peta tentu akan melewati kota probolinggo karena letaknya bersampingan dengan kota situbondo. Selain keindahan dan juga terkenal dengan mangganya, probolinggo punya ikon yang membuatnya banyak dikenang oleh masyarakat yang pernah di daerah paiton. Sebuah kecamatan di daerah paling timur di probolinggo perbatasan dengan situbondo, di sana ada PLTU (pembangkit listrik tenaga uap) tepatnya di desa binor. Letaknya (PLTU) ini di tepi pantai utara jawa timur, dan berada di sebelah jalur pantura jalur surabaya - banyuwangi. Sementara letaknya berada di 7°43'30"S 113°32'32"E, dan memiliki enam unit pembangkit listrik.
     Adapun beberapa unit di paiton yaitu sebagai berikut: Unit 1 & 2 dengan kapasitas paling kecil, yakni 800MW dimiliki dan dioperasikan oleh Unit Pembangkitan Paiton. Unit 5 & 6 berkapasitas 1260MW dimiliki oleh Jawa Power dan dioperasikan oleh YTL Jawa Timur. Unit 7 & 8 memiliki kapasitas 1200MW dimiliki oleh Paiton Energy Co dan dioperasikan oleh PT. International Power Mitsui Operation & Maintenence Indonesia (IPMOMI). Unit 3 & 4 dibangun untuk memenuhi kebutuhan listrik di P. Jawa. Unit 9 saat ini sedang dalam tahap pengerjaan oleh Konsorsium dari China, dan di harapkan selesai pada 2012. Selain itu, di Paiton menjadi daerah penyangga industri rokok berskala internasional. Pasar Baru Paiton , dahulu disini berdiri CV Daoen Mas yang turut mengemas tembakau yang akan dikirim ke Bremeen Jerman. Generasi berikutnya bekerjasama dengan GG-Kediri mendirikan Gudang GG di Sumberanyar, Paiton. Sekarang ada gudang tembakau dari perusahaan lain a.l Djarum-Kudus, PT Sampoerna, Noyorono, PT Bentoel Indonesia. Mata pencarian masyarakat Paiton umumnya adalah sebagai petani, nelayan, dan pedagang.
      Daerah pantai memang tidak pernah surut memberikan daya tarik tersendiri bagi semua manusia, begitupula dengan paiton. Daerah yang berbatasan dengan laut ini selalu memberi sebuah keindahan yang berbeda. Dimana dihiasi dengan indah dan megah plus kokohnya PLTU paiton. Bisa dibilang inilah simbol dari paiton, karena disanalah hasil karya bangsa indonesia menunjukan kemampuan negeri ini. Walaupun konstruksinya bukan 100% Indonesia, tetapi pengembang yang berlabelkan PT dari Indonesialah yang memberi rasa bangga. Lampu yang menyala diwaktu malam hari memberi kesan seperti tempat yang sangat meriah dan megah serta kaya (kaya akan aliran listrik). Disini juga memberi banyak lapangan kerja untuk warga sekitar dan warga lain, karena secara otomatis PLTU sebesar itu membutuhkan tenaga kerja yang lumayan banyak.
      Inilah keindahan Indonesia kawan, yang perlahan demi perlahan jika kita kuak akan menimbulkan kebanggaan tersendiri. Kenali negeri kita, karena ketika kenal membuat kita dekat, mengerti, lalu cinta dan bangga. Inilah kawan teknologi negeri ini sudah mulai bergeliat, dengan PLTU ini Indonesia bergerak menjadi macan asia kembali. Semoga postingan kali ini bermanfaat amin, ^_^

6 comments:

  1. senang berkunjung ke blog anda..
    semoga sukses selalu..
    Butuh tulisan-tulisan seputar peternakan,
    silahkan kunjungi
    REPOSITORY UNAND

    ReplyDelete
  2. ok mas, tank to your coment.
    insyaallah. bisa tukeran link juga gak?
    ane ada web juga barang kali bisa manfaat.

    ReplyDelete
  3. Aku bangga jadi orang PAITON...
    Kangen kampung halaman dech jadinya...!!!

    ReplyDelete
  4. OK mas,

    sy jg bangga Indonesia punya PLTU ndri.
    kalo ngenalin kota sy juga senang, p lg itu milik Indonesia. mampir jg mas ke magetan, kota sy. indah juga!^_^

    ReplyDelete
  5. I always love night city view....
    and this night view of PLTU paiton is amazing....

    salam kenal

    ReplyDelete
  6. i'm agree with u,

    Ok, slm kenal juga. tulisan pean jg berkelas.
    good job.^_^

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com