18 Apr 2012

Belajar Tiki-Taka

Permainan tiki taka.
       Mungkin sekian lama saya nulis di blog, saya belum pernah menuliskan seberapa saya cinta akan sebuah olahraga yang saya tekuni sejak kecil. Olahraga paling popular dijagad ini, olahraga yang pernah menjadi cita-cita saya sewaktu kecil, dan sekarang tetap menjadi cita-cita bisnis serta karier masa depan saya! Yups, SEPAKBOLA, sebuah cabang olahraga yang paling tenar pula dinegeri ini (selain bulu tangkis). Walau saya juga cinta akan bulutangkis, tapi tak sebesar cinta saya pada sepakbola kawan. Apalagi dengan sepakbola negeri ini sendiri, sepakbola merah putih. Bahkan saya pernah bermimpi menjadi pemain sepakbola professional, main di Manchaster United F.C. dan masuk timnas Indonesia. Lalu mengantarkannya juara piala dunia, sungguh special.
        Sampai sekarang mimpi ketika saya duduk dibangku SD dan SMP itu masih teringat, tetapi sudah saya F2 (di rename). Sekarang waktunya mengambil langkah realistis dan melanjutkan estafet sebagai pemain futsal saja, lalu berlanjut pada permainan sebagai pelatih kelak. ^_^ | ketika detik-detik itu terlewati saya mulai belajar menghikmahi hidup dari bermain sepakbola, lalu flashback2 itu datang kembali, memberi hikmah tiada batas. Sekarang saya sedang memikirkan tentang tiki taka (bukan teka-teki). Ini adalah sebuah permainan sepakbola yang mengandalkan pengusaan bola dalam waktu lama, operan-operan pendek, satu dua sentuhan, dan akhirnya mencari ruang untuk mencetak goal. Itulah sekilas tentang tiki-taka. Lalu apa hikmahnya? Silahkan baca TL (timeline) saya di twitter berikut ini… ^_^
tiki taka, kata temen itu adalah hafalan. hafal akan gerakan dan kebiasaan patner, cara mereka insting mereka. tiki taka tentang #pengertian
tiki taka, kata saya adalah tentang satu dua sentuhan, ini tentang peran kesemuax bukan satu saja, tiki taka tentang peran #kebersamaan
tiki taka itu membawa bola dg durasi waktu yg lama, mencari luang terbuka, selalu berusaha mencari celah dg sabar. tiki taka tentang #sabar
tiki taka tentang kedisiplinan dan mengetahui posisi masing2, mereka mengetahui kemampuan diri sendiri, tiki taka tentang #pahamiDiriSendiri
tiki taka mengalir dengan cepat, sewaktu-waktu bisa saja berpindah dari satu tempat ke tempat lain, smw itu jd mudah+indah krn #kerjasamatim
tiki taka tidak menonjolkan permainan individu, melainkan menonjolkan kemampuan melihat situasi, kesempatan, terpenting adl #analisis
tiki taka mungkin adalah sebuah teka teki yg sangat istimewa, kemana bola datang dan akan diberikan, bahkan sang pencetak goal, #kejutan
tiki taka bukan sekedar sebuah cara mengolah bola, tetapi menjadi cara mengolah tim sbg individu dan kelompok, ini jg jd managemen kerja.
tiki taka, sudah berkembang menjadi kesamaan diatas perbedaan, sm2 mampu menendang dan mengoper. ini tentang #penyamaan dr #perbedaan
tiki taka, sebuah cara untuk mencapai tujuan akhir sebuah kemenangan, itulah sepakbola #berorientasi_hasil_akhir
        Demikian kawan, sekilas tentang tiki taka, cara bermain yang dipraktekan oleh tim Barcelona. Sementara saya hanya belajar mengambil hikmah yang terpendam didalamnya dengan persepektif manusia dan pemain bola (belum professional). Semoga bermanfaat kawan, salam dari Sang Penggembala, Tyas Haryadi…. ^_^

0 komentar:

Post a Comment

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com