21 Dec 2010

Langkah pertama menjadi pengusaha sukses

       Kisah sukes seorang pengusaha akan member semangat kita untuk selalu mencari dan mengembangkan diri dalam menyelami dunia usaha. Entrepreneur yang sekarang ini sedang digalak-galakan memang member dampak yang sangat positif terhadap perkembangan ekonomi dan semangat juang kaum muda sekarang ini. Kemarin sewaktu saya membaca jawa post saya sempat membaca soal sekolah entrepreneur di bandung yang memiliki sebuah sistem dan motode bagus untuk membuat seorang pebisnis. Kurang lebih seperti ini jalannya membentuk sebuah pengusaha, dengan saya edit sedikit berdasarkan sudut pandang gaya umat islam yang melankolis, sportis, dan humoris.
       Hal pertama yang dilakukan oleh seseorang yang ingin menekuni atau mengambil profesi sebagai pengusaha adalah benar-benar yakin dengan niat dan juga tujuan tersebut (menjadi pengusaha). Setelah selesai dengan langkah pertama, mulailah dengan bermimpi karena sesuatu itu akan terwujud jika kita perah memimpikannya. Mana mungkin kita bisa menjadi pengusaha jika kita tidak pernah berpikir dan bermimpi menjadi pengusaha? Setelah mimpi ini terajut dan menjadi angan, mari kita gapai angan dengan tindakan yang realistis. Selanjutnya setelah bermimpi mulailah dengan membuat sesuatu angan-angan untuk membuat usaha apa, bukan hanya menjadi pengusaha tetapi lebih spesifik lagi.
        Mimpi-mimpi yang sudah kita rajut inilah yang akan jadi penyemangat dan pengingat kita jika mengalami kebosanan dan kejenuhan. Setelah itu mulailah dengan belajar bisnis dengan hal yang paling mendasar, yaitu beli jual. Dalam hal usaha dan bisnis entah dalam skala makro ataupun mikro semuanya selalu tidak jauh-jauh dari dua kata itu. Dimana ada waktunya kita membeli bahan baku, membeli tenaga kerja, membeli iklan, bahan pengawet, peralatan untuk produksi, dan lain sebagai. Lalu menjual barang hasil prosuksi, jasa, pelayanan, serta nama dan juga hasil dari prose situ untuk mendapatkan hasil. Jadi hal utama untuk belajar berbisnis adalah memlakukan proses beli jual untuk mendapatkan untung. Ini dapat kita mulai dengan cara membeli sejumlah barang yang telah diproduksi oleh orang atau lembaga lain lalu menjualnya kembali untuk mendapatkan untung atau laba. Dalam pemebelajaran beli barang dengan orang lain maka kita akan belajar bagaimana menawar, memilih barang yang lebih baik, memilih klasifikasi sesuai yang kita harapkan, dan terutama belajar membuat link kepada para pedagang dan juga orang lain.
        Jadi yang terpenting menjadi seorang pengusaha sukses adalah belajar menjadi pedagang, yaitu dengan rumus b+u=j. yaitu membeli barang mencari untung lalu dijual dengan harga tertentu dan penawaran yang menarik. Karena kebanyakan yang memulai sebuah usaha bingung harus memulai dari mana, mulailah dari hal kecil tetapi sangat bermanfaat untuk kita. Semoga postingan kali ini bermanfaat, amin ^_^

2 comments:

  1. artikel yg menarik mas.. :-)
    bisa minta infonya soal sekolah itu? nma sekolah, alamt, ato mungkin ad alamt websitenya klo mas tyas tau..trima kasih bnyk :-)

    ReplyDelete
  2. terimakasih mas,,,
    wah saya lupa mas,hehe
    yg pasti, kalau mau usaha cobalah dari hal-hal sederhana, buat mimpi besar, lalu tekuni, serta ikhtiarkan kpd Allah smta. smga sukses,,, :)

    ReplyDelete

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com